Pendidikan

Catat, Inilah Aturan UTBK 2023 Terbaru yang Perlu Peserta Siapkan

Sabtu, 06 Mei 2023 - 12:56
Catat, Inilah Aturan UTBK 2023 Terbaru yang Perlu Peserta Siapkan Inilah Aturan UTBK 2023.

TIMES MADIUN, JAKARTA – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK 2023 untuk gelombang 1 akan dilaksanakan perdana pada tanggal 8 Mei mendatang. Melihat waktu persiapan yang semakin dekat maka semua calon peserta wajib memahami beberapa ketentuan khusus.

Semua calon mahasiswa yang akan melaksanakan dan mengikuti UTBK SNBT 2023 perlu mempersiapkan beberapa pertimbangan khusus agar mampu untuk lolos masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang diinginkan.

Salah satu persiapan penting tentunya adalah semua calon peserta wajib untuk memaksimalkan semua aspak pembelajaran. Mulai dari latihan soal dan bimbingan khusus agar hasil UTBK 2023 yang akan diikuti bernilai maksimal.

Disisi lain pelaksanaan UTBK SNBT 2023 juga perlu peserta perhatikan pada aspek persiapan prosedur tertentu, misalnya pada aspek dokumen yang wajib dibawa ketika ujian dilaksanakan.

Sesuai dengan aturan resmi dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Selasa (2/5/2023) dibawah ini merupakn aspek peraturan baru yang wajib dipenuhi peserta pada saat UTBK SNBT 2023.

Dokumen Penting Untuk Ikuti UTBK 2023

Informasi terkait dokumen penting ini memang wajib untuk diperhatikan calon mahasiswa yang akan mengikuti UTBK 2023 pada saat pelaksanaan gelombang 1 tepatnya pada tanggal 8 Mei senin mendatang.

Aturan terbaru yang utama tentunya berbasis pada persiapan berkas- berkas yang harus dibawa saat proses ujuan berlangsung. Adapaun berkasi Peserta UTBK SNBT 2023 diantaranya adalah,

  1. Kartu peserta SNBT
  2. Masker
  3. Handsanitizer
  4. Kartu identitas (kartu siswa/KTP/paspor)
  5. Surat keterangan lulus asli (bagi peserta angkatan 2023) sesuai ketentuan (cek di website http://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/)
  6. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi (bagi angkatan 2021 dan 2022)

Aturan Pakaian Terbaru UTBK 2023

Aturan terbaru selanjutnya yang dibuat oleh panitia SNPMB 2023 juga diperhatikan pada aspek dan soal pakaian untuk digunakan peserta pada pelaksanaan UTBK 2023.

Karena pada dasarnya pelaksanaan UTBK SNBT 2023 merupakan ujian berbasis formal dan memiliki kapasitas tingkat pelaksanaan secara nasional maka setidaknya ada aturan yang wajib peserta ikuti, khususnya pada aspek pakaian yang rapi dan sopan.

Menurut laman resmi dari SNPMB 2023 memberikan arahan bahwa semua calon peserta dari UTBK SNBT wajib mengenakan baju formal. Baju formal dalam hal ini bisa diaplikasika dalam bentuk pakakaian berkerah.

Selain itu penting juga diperhatikan bagi semua calon peserta UTBK SNBT 2023 untuk menggunakan celan formal seperti celan kain dan tidak gunakan celana jenis levis dan lainnya.

Terakhie peserta juga wajib menggunakan sepatu formal dan tidak direkomendasikan untuk menggunakan sandal dan aksesoris terlalu berlebihan dalam UTBK 2023. (*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.