Ekonomi

Menag RI Targetkan 10 Juta UMKM Tersertifikasi Halal hingga 2024

Kamis, 05 Januari 2023 - 12:50
Menag RI Targetkan 10 Juta UMKM Tersertifikasi Halal hingga 2024 Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya pada malam tasyakuran Hari Amal Bakti Kemenag. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

TIMES MADIUN, JAKARTA – Pada acara malam tasyakuran Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan apresiasinya kepada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag yang telah berhasil melakukan sertifikasi kepada 800 ribu pelaku usaha. 

“Kita saksikan tadi bagaimana jaminan produk halal itu bisa demikian meningkatkan pesat, hari ini 800 ribu ya,” ucap Menag Yaqut Cholil Qoumas pada kegiatan Malam tasyakuran Hari Amal Bakti Kemenag di Asrama Haji Jakarta Pondok Gede Jakarta pada Rabu (4/1/2023) malam. 

Sebagai badan yang bertugas melaksanakan penyelenggaraan jaminan produk halal, Menag memberikan target yang tinggi kepada BPJPH Kemenag untuk bisa mencapai 10 juta UMKM (usaha mikro kecil menengah) yang sudah tersertifikasi halal hingga 2024 mendatang. 

“Saya memberikan target tinggi untuk BPJPH sampai tahun 2024 harus sudah ada 10 juta UMKM yang tersertifikasi halal dan Kepala Badan menyanggupi untuk bisa memenuhi target,” ungkap Menag dihadapan jajaran pejabat Kemenag yang hadir secara langsung maupun daring melalui zoom. 

Menag-2.jpgGus Men bersama Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut saat bernyanyi bersama di malam tasyakuran Hari Amal Bakti Kemenag. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

Selain itu, dalam puncak perayaan Hari Jadi Kemenag yang juga dihadiri oleh anggota Komisi VIII DPR RI Ibnu Mahmud Bilalludin, Menag menyampaikan apresiasinya atas kerjasama dengan Komisi VIII DPR RI terus mengkritisi Kemenag agar tetap sesuai jalur. “sekali lagi terimakasih Pak, kami senang Berpartner dengan sahabat-sahabat di komisi VIII saat ini,” kata Menag. 

Dalam acara yang dikemas tidak formal dan banyaknya hiburan ini, Gus Men sapaan akrabnya berpesan agar semua jajaran Kemenag dapat berbahagia atas capaian prestasi yang diraih pada tahun 2022 kemarin dan dapat menuntaskan target ditahun 2023 dengan tetap riang gembira juga. 

“mari kita semua berbahagia melepas tahun 2022 dengan sekian banyak prestasi dan mari kita tuntaskan apa-apa yang menjadi target kita di tahun-tahun yang akan datang dan di tahun 2023 ini juga dengan tetap riang gembira,” jelasnya. 

“Kalau kita riang gembira, kita bahagia maka kita akan bisa dengan mudah menyelesaikan semua pekerjaan-pekerjaan kita,” sambung Gus Men. 

Gus Men juga mengingatkan jajaran Kemenag untuk tidak sombong atau jumawa atas capaian yang telah diraih pada tahun 2022 kemarin. Ia menegaskan, tugas-tugas memberikan pelayanan kepada seluruh umat beragama belum selesai. 

“Tugas kita belum selesai, kita baru bahkan setengah jalan saja belum, kita baru mulai. Mari kita tuntaskan ditahun-tahun kedepan memberikan pelayanan yang terbaik kepada publik, memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh umat beragama,” tegasnya. 

Dalam kegiatan tersebut, Kemenag juga meluncurkan buku haji yang disusun oleh Media Center Haji (MCH) 1443H/2022M. Tiga buah buku yang diluncurkan berjudul "Haji Pandemi di Mata Jurnalis", "Sepenuh Hati di Tanah Suci", dan "Mengawal Perjalanan Suci kala Pandemi".

Menag-3.jpgGus Men menyerahkan buku MCH 2022. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

Buku pertama ditulis sejumlah jurnalis dari media cetak dan online yang berisi catatan konstruktif atas penyelenggaraan haji 2022. Buku kedua berisi cerita seru, haru, dan berliku perjalanan haji para jurnalis MCH. Sedang buku terakhir merupakan koleksi foto-foto yang memotret penyelenggaraan haji di masa pandemi. 

Staf Khusus Menag RI Wibowo Prasetyo mengungkapkan, buku karya MCH memiliki nilai yang sangat tinggi dalam pengelolaan perhajian di Indonesia. Dia berharap prestasi yang diukir MCH 2022 ini bisa diteruskan dengan baik oleh para jurnalis yang akan bertugas pada haji tahun ini maupun di masa mendatang. “Terbitnya tiga buku sekaligus ini karena ada kekompakan yang kuat di MCH 2022,” terang Wibowo yang juga editor buku-buku karya MCH tersebut. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.