Berita

11 Hotel Jemaah di Makkah Siap Sambut Jemaah Haji 1444H/2023M

Jumat, 26 Mei 2023 - 15:52
11 Hotel Jemaah di Makkah Siap Sambut Jemaah Haji 1444H/2023M Arkan Bakkah, salah satu hotel yang menjadi pemondokan jemaah haji Indonesia di Makkah. (Foto: MCH 2023 kemenag RI)

TIMES MADIUN, MADINAH – Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Subhan Cholid, memastikan bahwa hotel-hotel yang akan menampung jemaah haji Indonesia di Makkah telah siap untuk menyambut kedatangan mereka. Gelombang pertama jemaah haji Indonesia telah tiba di Madinah pada tanggal 24 Mei 2023 dan akan tinggal di sana selama sembilan hari sebelum diberangkatkan ke Makkah Al Mukarramah mulai tanggal 2 Juni 2023.

Subhan Cholid menjelaskan bahwa PPIH Arab Saudi telah menyiapkan 108 hotel di Makkah untuk menampung 203.320 jemaah haji reguler berdasarkan kuota dasar. Jumlah ini masih dapat bertambah dengan adanya tambahan kuota sebanyak 8.000 jemaah. Hotel-hotel tersebut terbagi dalam 11 sektor dan satu sektor khusus di sekitar Masjidil Haram.

"Masih ada waktu sepekan jelang kedatangan jemaah haji Indonesia ke Makkah. Hari ini kita cek sejumlah hotel, utamanya yang akan menjadi kantor sektor. Alhamdulillah, semua sudah siap," terang Subhan Cholid di Makkah, Kamis (25/5/2023).

PPIH Arab Saudi juga telah menyiapkan Bus Shalawat yang akan mengantar jemaah ke Masjidil Haram dan beroperasi selama 24 jam. Akomodasi jemaah Indonesia tersebar di lima wilayah di sekitar Makkah.

Subhan Cholid memastikan bahwa hotel-hotel tersebut telah siap dengan fasilitas yang memadai, termasuk kantor layanan, klinik kesehatan, dan fasilitas pendukung Haji Ramah Lansia. Ia juga menyebutkan 11 hotel yang telah disiapkan menjadi kantor sektor.

Dengan persiapan yang telah dilakukan, diharapkan bahwa kedatangan jemaah haji Indonesia di Makkah akan berjalan lancar dan mereka dapat menjalankan ibadah haji dengan nyaman.

"Kita cek juga sejumlah fasilitas pendukung Haji Ramah Lansia, seperti ketersediaan kursi roda dan tempat duduk prioritas bagi lansia," tandasnya.

Berikut 11 hotel yang telah disiapkan menjadi kantor sektor:

1. Arkan Bakkah (Sektor 1, Mahbaz Jin)
2. Al Multazam Hotel (Sektor 2, Mahbaz Jin)
3. Vivian Hotel (Sektor 3, Syisah)
4. Tsarawat At Taqwa (Sektor 4, Syisah)
5. Raj Syisah (Sektor 5, Syisah)
6. Shafwat as-Syuruq (Sektor 6, Raudlah)
7. Afaq Al Masyaer (Sektor 7, Raudlah)
8. Kiswah (Sektor 8, Jarwal)
9. Wihdah Al Mutamayyiz (Sektor 9, Jarwal)
10. Manazilul Hurr (Sektor 10, Misfalah),
11. Park Regis (Sektor 11, Misfalah). (*)

Pewarta : Bambang H Irwanto
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.