Berita

Diduga Kurang Oksigen, Jutaan Ikan Mati di Menindee, New South Wales

Minggu, 19 Maret 2023 - 13:16
Diduga Kurang Oksigen, Jutaan Ikan Mati di Menindee, New South Wales Ilustrasi ikan mati di Sungai Darling dekat kota kecil Menindee (FOTO: abcnewsau)

TIMES MADIUN, MALANG – Jutaan ikan mati dan membusuk ditemukan di sepanjang sungai di Sungai Darling dekat kota kecil Menindee, New South Wales. 

Pemerintah setempat menyatakan, ini peristiwa ikan mati ini kali ketiga yang terjadi di daerah tersebut sejak peristiwa pertama pada 208 lalu. Peristiwa tahun ini kelihatannya adalah yang terburuk dari peristiwa sebelumnya.

"Mengerikan, tidak masuk akal untuk dipahami," komentar seorang warga, Minggu (19/3/2023). 

Pemerintah daerah setempat dalam sebuah pernyataan menduga bahwa kematian ikan dalam jumlah sangat besar itu mati akibat menyurutnya air banjir. Rendahnya kadar oksigen di dalam air (hipoksia) saat air banjir surut menyebabkan kematian tersebut

"Cuaca panas di wilayah tersebut juga menambah terjadinya hipoksia. Air yang lebih hangat mengandung lebih sedikit oksigen daripada air dingin. Ikan memiliki kebutuhan oksigen yang lebih tinggi pada suhu yang lebih hangat," kata pemerintah daerah setempat.

Juru bicara perikanan pemerintah negara bagian New South Wales Cameron Lay mengatakan pihaknya akan segera turun tangan untuk segera membersihkan aliran sungai yang tersumbat oleh ikan mati itu.  

"Ikan mati terlihat sepanjang puluhan kilometer. Ini harus segera diatasi," katanya.

Kota kecil Menindee tempat jutaan ikan mati itu, berpenduduk sekitar 500 orang. Wilayah kota ini dilanda kekeringan dan banjir dalam beberapa tahun terakhir.(*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.