https://madiun.times.co.id/
Berita

Kemenkominfo RI Blokir 3,6 Juta Konten Negatif dan Percepat Transformasi Digital Indonesia

Rabu, 04 September 2024 - 21:48
Kemenkominfo RI Blokir 3,6 Juta Konten Negatif dan Percepat Transformasi Digital Indonesia Kemenkominfo Blokir 3,6 Juta Konten Negatif dan Percepat Transformasi Digital Indonesia. (Foto: Kemenkominfo)

TIMES MADIUN, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengambil langkah signifikan dalam pengendalian konten negatif di ruang digital dengan memblokir lebih dari 3,6 juta konten sepanjang tahun 2023 hingga 2024. Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengungkapkan capaian ini dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, pada Rabu (4/9/2024).

"Selama periode tersebut, Kemenkominfo berhasil memblokir 3.695.469 konten negatif, khususnya terkait perjudian. Per 1 September 2024, kami telah memutus akses terhadap 3.367.632 konten judi online dengan dukungan dari berbagai instansi terkait," kata Budi Arie.

Selain upaya memblokir konten negatif, Kemenkominfo juga fokus pada percepatan transformasi digital di Indonesia. Budi Arie memaparkan beberapa pencapaian penting, termasuk distribusi 1,35 juta set top box untuk rumah tangga miskin dalam program migrasi siaran televisi analog ke digital atau Analog Switch Off.

Kementerian ini juga membangun infrastruktur base transceiver station (BTS) di 6.758 lokasi untuk mendukung layanan mobile broadband 4G di seluruh Indonesia serta membangun sarana pemanfaatan jaringan Palapa Ring di 57 kota/kabupaten.

Lebih lanjut, Kemenkominfo mengembangkan Pusat Data Nasional (PDN) di Cikarang dan Batam. PDN Cikarang dijadwalkan diresmikan pada tahun 2024, sedangkan PDN Batam masih dalam tahap seleksi konsultan layanan.

Budi Arie juga mengungkapkan bahwa Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) kini menjadi Indonesia Digital Test House (IDTH), yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 7 Mei 2024 di Depok, Jawa Barat. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan spektrum frekuensi radio, Kemenkominfo telah menambah spektrum frekuensi sebesar 1.720 megahertz.

Proyek satelit SATRIA-1, yang diluncurkan pada Juni 2023, telah mengorbit di atas Papua dan didukung oleh 11 stasiun bumi di berbagai wilayah. SATRIA-1 memiliki kapasitas 150 GB per detik.

Dalam hal regulasi, Kemenkominfo bersama DPR dan kementerian terkait telah menyelesaikan revisi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, yang kini diberlakukan sebagai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024.

Program Digital Talent Scholarship (DTS) telah memberikan pelatihan keterampilan digital kepada lebih dari 630.037 orang di seluruh Indonesia sejak tahun 2020, melampaui target RPJMN 2020-2024 yang sebanyak 250.000 peserta.

Kemenkominfo juga memfasilitasi lebih dari 13.000 pelaku usaha kecil untuk mengadopsi teknologi digital, dan melalui Program Startup Studio Indonesia, kementerian ini telah membina 115 perusahaan rintisan digital, berkontribusi pada inovasi dan kewirausahaan di Indonesia. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.