https://madiun.times.co.id/
Berita

Empat Hari di Madiun, Kirab Maskot Pilkada 2024 Bikin Heboh 

Selasa, 17 September 2024 - 23:41
Empat Hari di Madiun, Kirab Maskot Pilkada 2024 Bikin Heboh  Flashmob diikuti ratusan anggota PPK dan PPS di Kabupaten Madiun saat serah terima Maskot Pilkada 2024. (Foto: Dok KPU Kabupaten Madiun)

TIMES MADIUN, MADIUN – Maskot Pilkada 2024 disosialisasikan ke publik dengan berbagai kemasan kegiatan. Di Kabupaten Madiun, maskot pilkada 2024 yakni Si Jalih dan Keris Tundung Madiun dikirab keliling di wilayah 15 kecamatan.

Kirab berlangsung pada 14-17 September 2024 dan selanjutnya akan bergeser ke wilayah kabupaten/kota lain.

Ketua KPU Kabupaten Madiun Nur Anwar mengatakan, kirab maskot pilkada 2024 merupakan rangkaian kegiatan yang digelar KPU Provinsi Jatim. Maskot pemilihan gubernur dan wakil gubernur yakni si Jalih disosialisasikan bersamaan dengan maskot pemilihan bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil walikota di setiap kabupaten/kita di Jatim. 

"Kami juga menyosialisasikan Keris Tundung Madiun yang menjadi maskot Pilbup Madiun," ujarnya.

Kirab Maskot Pilkada 2024 sekaligus menjadi sarana sosialisasi tahapan. Tujuannya mengingatkan masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada 27 November 2024. Memastikan warga Kabupaten Madiun yang memiliki hak pilih telah terdaftar dalam daftar pemilih dengan cek mandiri melalui laman DPT online KPU. Serta mengajak masyarakat menyukseskan gelaran pilkada di Kabupaten Madiun sesuai tagline Pilkada Santun Madiun Rukun.

"Pilkada santun dimaknai sebagai  perbuatan patuh pada norma hukum, agama, sosial, budaya, hukum.Jaraoana kami penyelenggara, peserta dan pemilih  patuh dan tunduk pada peraturan perundang-undangan. Rukun merupakan manifestasi Bhineka Tunggal Ika yang menjadi bingkai pelaksanaan pilkada," jelas Anwar. 

Pilkada-2024-di-zona-1-Kabupaten-Madiun-B.jpgKirab dan sosialisasi maskot Pilkada 2024 di zona 1 Kabupaten Madiun dikemas parade kostum. (Foto : Dok KPU Kabupaten Madiun)

Di wilayah Kabupaten Madiun, rute kirab Maskot Pilkada 2024 terbagi menjadi tiga zona. Masing-masing zona meliputi lima wilayah kecamatan. Rute zona 1 berada di wilayah Kecamatan Mejayan, Wonoasri, Balerejo, Sawahan dan Jiwan.

Sedangkan rute zona 2 mencakup  wilayah Kecamatan Madiun, Dagangan, Geger, Kebonsari dan Dolopo. Rute zona 3 berada di wilayah Kecamatan Pilangkenceng, Saradan, Gemarang, Kare dan Wungu. 
Selama kirab maskot Pilkada 2024, terlihat antusiasme warga dan penyelenggara yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Tidak hanya kirab dan pawai kendaraan bermotor, juga ada berbagai atraksi dan hiburan yang semarak dan heboh. Seperti drumband, senam, parade kostum dan panggung hiburan. 

Serah terima maskot  Pilkada 2024 di Alun-Alun Reksogati Caruban  dimeriahkan marching band dari Akademi Perkeretaapian Indonesia (API), dongkrek, pencak silat, tari Nusantara,flashmob dan musik hiburan dengan bintang tamu artis Defarina Indra. (*)

Pewarta : Yupi Apridayani
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.