Berita

Website Kemenag Bertransformasi Jadi Ramah Disabilitas

Selasa, 05 Desember 2023 - 22:24
Website Kemenag Bertransformasi Jadi Ramah Disabilitas Karo HDI Kemenag Akhmad Fauzin. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

TIMES MADIUN, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) telah melakukan inovasi dalam hal transformasi digital pada website resminya. Kini website Kemenag sudah dapat diakses oleh penyandang disabilitas tuna netra. 

“Orang-orang yang tuna netra bisa langsung mendengarkan audio yang telah disediakan dalam website Kemenag,” ucap Kepala Biro Humas Data dan Informasi (Karo HDI) Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (Setjen Kemenag) Akhmad Fauzin dalam Media Gathering Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Selasa (5/12/2023). 

Fauzin mengatakan, kini website Kemenag menjadi ramah bagi penyandang disabilitas tuna netra, selanjutnya, Kemenag juga tengah melakukan terobosan terhadap websitenya menuju ramah lansia. 

Kemenag.jpgPenambahan fitur Sarana pada website Kemenag untuk penyandang disabilitas. (Foto: tangkapan layar)

Fauzin mengungkapkan, website Kemenag tidak hanya ramah terhadap penyandang disabilitas tuna netra tetapi juga website Kemenag dapat diakses oleh masyarakat yang buta parsial. 

“di website Kemenag, masyarakat yang buta parsial dapat menyesuaikan tampilan pada website Kemenag seperti menggubah tampilan dengan skala abu-abu, warna / klise, perkecil teks, perbesar teks dan pertegas teks,” ungkapnya. 

Dalam pantauan langsung TIMES Indonesia pada website Kemenag, fitur bagi penyandang disabilitas tuna netra maupun buta parsial dapat diakses dengan cara mengklik icon orang dengan menggunakan kursi roda yang berada di sisi kiri laman website Kemenag. 

Berbagai fitur pun ditawarkan mulai dari versi audio untuk penyandang disabilitas tuna netra, skala abu-abu, warna / klise untuk buta parsial, fitur perkecil, perbesar dan pertegas teks, serta fitur lainnya yang dapat dicoba dengan mengakses laman resmi Kemenag. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.