Wisata

Ledok Berseri Sanan Tempe, Akankah Jadi Ikon Baru RW 16 Kampung Sanan?

Rabu, 31 Agustus 2022 - 23:00
Ledok Berseri Sanan Tempe, Akankah Jadi Ikon Baru RW 16 Kampung Sanan? Kampung Sanan, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, sentra industri keripik tempe dan pusat oleh-oleh makanan ringan. (FOTO: instragram/kampung sanan)

TIMES MADIUN, MALANGKampung Sanan sudah sangat lama terkenal dengan wisata industri pengrajin tempe dan keripik tempe. Namun, banyak yang belum tahu ada potensi lain di Kampung Sanan: Ledok Berseri.

Apa itu Ledok Berseri?

Kepada Times Indonesia, Yayok, Ketua RT 2 Kampung Sanan mengungkapkan, pada akhir 2019 tercetus ide untuk menggerakan masyarakat secara swadaya, dengan merehabilitasi sumber air atau ledok yang berada di area RT 02 RW 16, Sanan, Kota Malang.

Pintu-masuk-Ledok-Berseri.jpgPintu masuk Ledok Berseri  (FOTO: Muhammad Iqbal/TIMES Indonesia)

Dulu, tanah di sumber air itu merupakan tanah waqaf mbok Warti yang diserahkan kepada pihak RT 02 sekitar tahun 80-an. Namun karena belum ada legalitas, maka masih tidak jelas siapa yang mengaturnya. Setelah legalitas tanah ini diperjelas dengan menaikkan berkas ke ranah RW, pihak RT 02 akhirnya memiliki wewenang untuk mengurus sumber air aset RW 16 Kampung Sanan ini.

Yayok mengungkapkan Ledok Berseri ini dulunya merupakan bekas IPAL komunal. Karena masyarakat sekitar kurang merawatnya, maka potensi sumber air itu terbengkalai.

Kondisi-Ledok-Berseri.jpgKondisi Ledok Berseri yang masih dalam tahap pembangunan, serta beberapa perbaikan  (FOTO: Muhammad Iqbal/TIMES Indonesia)

“6 bulan awal, warga banyak yang ikut aktif mengurus, namun sekarang 5 orang penggagas saja yang menjalankan. Kami tidak muluk-muluk mas, targetnya kita bisa menghidupi diri kami sebagai kelompok dulu,“ ujar Yayok.

Ketua RT 02 Sanan ini juga percaya, bahwa warga Kampung Sanan bisa hidup tidak melulu dari tempe, atau keripik tempe. Masa keemasan kripik tempe sekarang sudah lewat.

Wawancara-Times-Indonesia.jpgWawancara Times Indonesia bersama Yayok ketua RT 02 RW 16 Sanan, Malang   (FOTO: Muhammad Iqbal/TIMES Indonesia)

Tak ada salahnya, imbuh Yayok, untuk memanfaatkan Ledok Berseri ini sebagai alternatif pendapatan. Dengan dengan debit air yang deras, serta kualitas air yang bagus sejumlah pihak serta pemerintah menawarkan untuk menjadikan area Ledok Berseri jadi tempat budidaya ikan nila dan ikan mas.

Rencana Yayok untuk 2-3 tahun ke depan juga tidak muluk-muluk, seperti menjadi tempat wisata misalnya. Yayok hanya ingin tempat ini bisa dimanfaatkan warga Kampung Sanan, dan bisa membantu perekonomian warga RW 16 Sanan.

Satu poin penting yang Yayok titik beratkan adalah pemberdayaan masyarakat, khususnya kepada generasi muda. Pemerintah memang membantu, dan banyak pihak yang ingin membantu, namun elemen penting adalah peran pemuda. Yayok ingin inovasi dan kreativitas segar pemuda untuk memanfaatkan poptensi Ledok Berseri ini agar bisa bermanfaat bagi warga Kampung Sanan.

Kalau pemuda Kampung Sanan bisa menjadikan Ledok Berseri jadi potensi ekonomi baru, wah bakal seru banget pasti. Ikon Kampung Sanan tak lagi Tempe. Tapi ada Ledok Berseri. Mungkinkah?. (*)

Pewarta : Muhammad Iqbal Ikhsani (MG-422)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.