Wisata

Tirta Umbulan Ngadireso di Poncokusumo Malang, Cocok untuk Healing Hati dan Pikiran

Jumat, 12 Mei 2023 - 06:43
Tirta Umbulan Ngadireso di Poncokusumo Malang, Cocok untuk Healing Hati dan Pikiran Pengunjung sedang menikmati segarnya Sumber Tirta Umbulan, Desa Ngadireso, Rabu (11/04/2023) (FOTO: Aifa Khilyatun Nisa/TIMES Indonesia)

TIMES MADIUN, MALANG – Ada sumber air yang mengalir dari sebuah pohon beringin dan digunakan warga untuk keberlangsungan hidup. Sumber mata air penghidupan ini bernama Tirta Umbulan di Desa Ngadireso, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Tirta Umbulan sering kali digunakan sebagai tempat bermain oleh anak-anak Desa Ngadireso di hari libur sekolah. Sesekali mereka melompat dari pinggir bak menuju ke kolam penampung air.

Tidak dipungut biaya ketika masuki sumber mata air ini. Hanya sediakan Rp 3-5 ribu saja untuk menyewa pelampung yang terbuat dari ban mobil.

"Tiket masuknya gratis, hanya saja kalau mau sewa ban harganya tiga ribu sampai lima ribu." ucap Riko, pemuda Desa Ngadireso kepada TIMES Indonesia, Kamis (11/5/2023)

Tepat di depan Tirta Umbulan ini terdapat bentangan sawah yang sangat luas sehingga pemandangannya terlihat sangat asri.  

Di atas sumber sendiri, terdapat beberapa warung dan beberapa gazebo untuk bersantai menikmati suasana sembari melihat panorama hamparan sawah. Selain itu, ada pedagang keliling juga yang menjual aneka jajanan.

Tirta umbulan ini sendiri termasuk wisata alam yang tersembunyi karena aksesnya yang terbilang jauh dari jalan utama dan melewati gang rumah warga.

Meskipun sedang dalam tahap pengembangan untuk menjadi desa wisata, banyak pula masyarakat yang mampir ke mata air yang jernih, alami, dan menyajikan ketenangan ini.

Tempat ini pun masih belum ada pengelola resminya. "Kalau struktur kepengurusannya setahu saya masih belum ada, cuma penjaga kebersihan aja," tambah Riko.

Sumber air yang dulunya memiliki cerita tentang seekor naga ini, dimanfaatkan oleh warga  sekitar untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, cuci, minum serta sebagai irigasi pertanian.

Selain itu, desa tetangga seperti Desa Karanganyar dan Desa Dawuhan, juga memanfaatkan sumber mata air Titra Umbulan ini.

Harapan masyarakat Desa Ngadireso saat ini adalah menjadikan wilayahnya menjadi desa wisata sehingga dapat menambah nilai positif, dalam hal ini pemasukan untuk desa.

"Selain nambah pemasukan desa juga bisa membuka lapangan kerja," ucap salah satu warga Desa Ngadireso Poncokusumo Kabupaten Malang yang membantu pengelolaan wisata Tirta Umbulan. (*)

Pewarta : Aifa Khilyatun Nisa (MBKM)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.