https://madiun.times.co.id/
Wisata

Pantai Malai Kababa di Sumba Timur, Wisata Bahari yang Memiliki Legenda

Minggu, 04 Juni 2023 - 17:22
Pantai Malai Kababa di Sumba Timur, Wisata Bahari yang Memiliki Legenda Wisata Bahari Malai Kababa di Sumba Timur. (FOTO: Yudi Rawambaku)

TIMES MADIUN, SUMBA TIMURPantai Malai Kababa yang terletak di Desa Praimadita, Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur NTT memiliki pesona tersendiri. Pantai ini salah satu wisata bahari yang memiliki legenda.

Pantai Malai Kababa tepatnya berada di wilayah selatan Kabupaten Sumba Timur berjarak dari Kota Waingapu ke lokasi tersebut 104 Kilometer dengan daya tempuh sekitar 4-5 jam menggunakan kendaran roda empat.    

Pantai ini menurut salah seorang Budayawan Sumba Timur Yudi Rawambaku, Malai Kababa selain pantainya yang mempesona. ia adalah surga wisata bahari bagian selatan yang memiliki legenda atau ceritera rakyat.

Wisata-Bahari-Malai-Kababa6f19bf78dfdb7476.jpg

“Pantai ini di Sumba Timur ada di bagian selatan pantai Katundu, pantai Waihungu dan 3 pulau terluar serta mempunyai daya tarik lainnya,” kata Yudi, Minggu (4/6/2023).   

Ia menyebut, Malai Kababa memiliki legenda atau cerita rakyat bahwa di pulau itu ada sebuah karang kecil yang dinamakan Watu Nai Apu. Jika menurut ceritera, pulau karang itu merupakan tubuh seorang perempuan Sumba yan sedang membuat tenun tradisional yang berubah wujud menjadi batu besar.

Yudi mengatakan, dengan beberapa daya tarik keindahan pantai ini Pemerintah Kabupaten Sumba Timur telah menetapkan sebagai Desa wisata bahari dan juga ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi NTT sebagai NTT Seven Wonder Destination.    

“Memang tempat ini sering dikunjungi beberapa kapal pesiar untuk menikmati keindahan alam di Desa dan pantainya untuk berselancar, menyelam dan snorkeling,” paparnya.

Ia menjelaskan, wisata bahari pantai Malai Kababa ini tentu dengan kisah legenda mungkin karena kepercayaan akan dinamisme dan animisme yang sudah berakar kepercayaan orang Sumba sebab mitos dan legenda di Sumba masih popular dan cukup kental.

Walaupun tambah Yudi, saat ini kita sudah memasuki era modern namun itu kita tau bahwa salah satu contoh legenda tentang Nyi Roro Kidul masih popular dan dipercayai banyak orang hingga saat ini.

“Saya pikir tempat yang memiliki legenda seperti Pantai Malai Kababa ini dijadikan sebagai destinasi wisata bahari sangat bagus karena dapat mendatangkan wisatawan yang ingin menyaksikan dan ingin mengetahui destinasi-destinasi yang ada di Sumba Timur,” tutur Yudi Rawambaku. (*)

Pewarta : Moh Habibudin
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.