Wisata

Kuliner Rujak Jambu Kristal Menjamur di Mojokerto

Senin, 08 Februari 2021 - 06:23
Kuliner Rujak Jambu Kristal Menjamur di Mojokerto Outlet rujak kristal yang fenomenal di Mojokerto di sebelah Utara Gelora A.Yani. (Foto: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMES MADIUN, MOJOKERTO – Siapa tidak kenal rujak? Hidangan yang disajikan bersama bumbu racikan khusus yang merupakan khas dari Indonesia. Rujak buah, rujak cingur, rujak kikil, tentu sudah biasa, bagaimana kalau rujak jambu kristal?

Jambu kristal (psidium gujava) merupakan jambu biji yang tidak ada bijinya. Umumnya jambu kristal dikenal dengan tekstur yang keras dan rasa sepat. Jambu biji dari varietas kristal ini termasuk golongan yang memiliki daging berwarna putih.

Rujak Jambu Kristal 2Rujak jambu kristal yang fenomenal. (Foto: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)

Mengutip suara.com terdapat 6 manfaat yang bisa dirasakan saat memakan jambu kristal. Diantaranya mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengandung vitamin C tinggi. Menjaga kesehatan kulit karena memiliki kandungan vitamin E. Sumber zat antioksidan sebagai penangkal radikal bebas. Terakhir dapat mencegah peradangan dan infeksi karena kandungan vitamin dan mineralnya.

Nah kalau soal kandungan gizi oke, lantas bagaimana kalau dibuat rujak. Times Indonesia berkunjung ke salah satu otlet rujak jambu kristal. Bertempat sebelah Utara gelora A. Yani Jl. Gajah Mada No.23, Mergelo, Magersari, Kec. Magersari, Kota Mojokerto.

Irwan Figianto (34) menceritakan ceritanya memulai bisnis yang baru masih 2 minggu ini. Awalnya dia belajar melalui YouTube, kebetulan tetangga temannya ada yang memiliki kebun jambu kristal.

Rujak Jambu Kristal 3Rujak jambu kristal berlokasi di sebelah Utara gelora A. Yani Jl. Gajah Mada No.23, Mergelo, Magersari, Kec. Magersari, Kota Mojokerto. (Foto: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)

"Awalnya ya coba sendiri di rumah, waktu itu beli jambu kristal 1 kg di Superindo trus saya coba kok terasa enak. akhirnya saya coba jualan online mas, alhamdulilah ramai," ungkapnya.

Saat ini dia bisa menghabiskan 40-50 kilogram jambu kristal per harinya. Penggemarnya banyak didominasi anak-anak muda berkisaran umur 18-30 tahun. Irwan juga mengaku rujak jambu kristal ini pertama kali ada di Kota Mojokerto.

"Yang setau saya baru kali ini ada di kota Mojokerto. Saya ingin merubah kesannya orang-orang terhadap jambu biji yg identik dengan rasa sepet, alot/keras, tapi beda dengan yg jenis jambu kristal ini, ini rasanya manis dan juga dagingnya empuk," pungkasnya.

Rujak-Jambu-Kristal-4.jpgRujak jambu kristal mix with nanas. (Foto: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)

Selain di Kota Mojokerto, di Kabupaten Mojokerto pun terdapat 4 lokasi orang berjualan rujak jambu kristal. Pertama terdapat 2 outlet di Kecamatan Dlanggu terdapat di jl. Basuki Rahmat (150 meter dari pasar Dlanggu ke Timur) dan jl. Jenderal Sudirman (100 meter ke Utara dari kolam pancing Joyo Abadi). Lalu di Kecamatan Kutorejo ada di Pesanggrahan. Terakhir ada di Gondang jl. Raya Pugeran. (*) 

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.