Wisata

Menikmati Eksotisnya Design Masjid Cheng Ho Pasuruan

Minggu, 08 Mei 2022 - 01:18
Menikmati Eksotisnya Design Masjid Cheng Ho Pasuruan Masjid Cheng Ho Passuruan tampak dari luar. (FOTO: Khodijah Siti/TIMES Indonesia)

TIMES MADIUN, PASURUANMasjid Cheng Ho Pasuruan merupakan salah satu dari 3 Masjid Cheng Ho yang ada di Indonesia. Seperti 2 masjid lainnya, bangunan ini memiliki arsitektur eksotis khas Cina. Hal ini karena tempat ibadah ini dibangun oleh komuntas muslim Tiongkok yang ada di Indonesia.

Masjid yang terlatak di Jalan Raya Kasri No. 18, Petung Sari, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur dibangun pada tahun 2004 dan diresmikan 4 tahun setelahnya yakni pada tahun 2008.

Toko-oleh-oleh-yang-terletak-di-belakang-masjid-Cheng-Ho-Passuruan.jpgToko oleh-oleh yang terletak di belakang masjid Cheng Ho Passuruan. (FOTO: Khodijah Siti/TIMES Indonesia) 

Masjid ini didirikan di atas tanah seluas 6.000 meter persegi. Luas bangunannya sekitar 550 meter persegi dan mampu menampung sekitar 2000 jamaah. Masjid ini juga menjadi titik kumpul warga Pasuruan saat hari-hari besar keagamaan seperti sholat Idul Fitri dan Idul Adha.

Terletak di persimpangan Petungsari tak hanya dijadikan tempat ibadah, bangunan ini juga dijadikan tempat melepas penat oleh para pengunjung. Beberapa orang akan datang ketempat ini untuk rekreasi dan mengabadikan momen spesial mereka.

Museum-Kabupaten-Pasuruan-tampak-dari-luar-dengan-arsitektur-Cina.jpgMuseum Kabupaten Pasuruan tampak dari luar dengan arsitektur Cina. (FOTO: Khodijah Siti/TIMES Indonesia) 

Pemerintah setempatjuga melengkapi tempat ini dengan cafetaria dan tempat penjualan oleh-oleh. Terdapat pula tempat perbelanjaan lengkap yang menawarkan bahan pokok dan sejenisnya. Dibagian belkanag masjid tampak miniatur ka'bah yang biasa dijadikan anak-anak sekolah setempat praktek berhaji.

Dibagian ujung belakang juga terdapat museum Kabupaten Pasuruan dengan arsitektur yang sama. Museum ini buka setiap hari kerja jam 9 pagi hingga 3 sore. Untuk Masjid Cheng Ho sendiri buka setiap hari untuk umum. Tak perlu membayar tiket, anda dapat masuk secara gratis di tempat ibadah di Pasuruan ini. (*)

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.