https://madiun.times.co.id/
Wisata

5 Rekomendasi Wisata di Kota Malang Selain Kayutangan Heritage

Minggu, 24 September 2023 - 10:31
5 Rekomendasi Wisata di Kota Malang Selain Kayutangan Heritage Wisata Malang Night Paradise. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES MADIUN, MALANGKayutangan Heritage dan Kampoeng Heritage Kayutangan kini tengah menjadi primadona banyak pengunjung untuk menikmati wisata Kota Malang, Jawa Timur.

Kawasan wisata Kota Malang yang baru saja dibentuk di era kepemimpinan Wali Kota Malang Sutiaji ini memang menjadi magnet tersendiri bagi para pelancong.

Meski Kayutangan Heritage tengah menjadi jujukan utama wisatawan, perlu diketahui bahwa masih banyak wisata Kota Malang yang tak boleh dilewatkan bagi wisatawan.

Ini 5 rekomendasi wisata Kota Malang selain Kayutangan Heritage.

1. Kampung Warna-Warni Jodipan

Wisata tematik satu ini memang sempat menjadi ikon Kota Malang sebelum dikembangkannya wisata Kayutangan Heritage.

Meski sekarang sedikit meredup, Kampung Warna-Warni Jodipan yang lokasinya tak jauh dari kawasan Stasiun Kota Baru Malang ini masih menjadi salah satu destinasi wisata Kota Malangbyang wajib dikunjungi para pelancong.

Dulunya, kawasan Kampung Warna-Warni Jodipan merupakan kawasan permukiman kumuh.

Namun, seiring berjalannya waktu ada sekelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang memiliki ide dan inisiatif untuk menyulap kawasan tersebut menjadi Kampung Warna-Warni.

Dalam menjalankan misinya menyulap permukiman kumuh menjadi destinasi wisata, sekelompok mahasiswa tersebut bekerja sama dengan perusahaan cat dan Pemkot Malang.

Kini, Kampung Warna-Warni Jodipan menjadi tempat wisata Kota Malang yang populer dan menjadi destinasi wajib wisatawan.

Kampung Warna-Warni Jodipan ini memang agak mirip dengan kampung-kampung yang ada di Korea Selatan. Datang ke sini membuat anda seperti ada di Drakor dan bisa healing sambil mencari spot foto dan mendengarkan musik.

2. Museum Musik Indonesia (MMI)

Apabila anda adalah penikmat musik, maka tidak afdol untuk tidak datang ke Museum Musik Indonesia. (MMI) yang berlokasi di Jalan Nusakambangan No.19, Kota Malang.

Museum Musik Indonesia adalah museum musik pertama yang resmi berdiri di Indonesia. Museum Musik Indonesia menyajikan koleksi berupa media rekaman fisik, seperti piringan hitam, kaset, CD dan semacamnya.

Berbagai rilisan fisik dari era 70an hingga sekarang semua tersaji di MMI. Tak hanya lokal, mancanegara pun ada di sini. Oleh sebab itu, bagi kalian pecinta musik wajib datang ke MMI.

3. Museum Mpu Purwa

Museum MPU Purwa Malang bisa menjadi salah satu wisata Kota Malang dan study tour (tur belajar) untuk pelajar. Museum Mpu Purwa ini terletak di Perumahan Griya Shanta, Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang.

Museum ini baru diresmikan pada 14 Juli 2018 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu Muhadjir Effendy. Sejarah pembangunan Museum Mpu Purwa Malang berawal dari terbengkalainya benda-benda bersejarah di Kota Malang.

Nama Museum Mpu Purwa sendiri diambil dari nama tokoh pendeta Buddha, Mpu Purwa yaitu ayah Ken Dedes yang nasihat-nasihatnya selalu dipatuhi masyarakat Jawa Kuno.

Setidaknya terdapat 136 koleksi benda bersejarah yang disimpan di Museum Mpu Purwa Malang dan arca menjadi koleksi yang paling terkenal. 

Terdapat lima koleksi arca kerajaan, yaitu Kerajaan Kanjuruhan, Singhasari, Majapahit, Kediri dan Mataram Kuno.

Salah satu koleksi paling istimewa yaitu Arca Ganesha Tikus, yang disebut satu-satunya di Indonesia dan tidak ada di museum lain. Selain arca, ada beberapa lukisan yang dipajang di dinding museum. Seperti lukisan semi pahat di dinding museum bagian luar menceritakan tentang Kerajaan Singosari.

Jam buka museum, yakni setiap hari Selasa-Sabtu pukul 08.30-15.00 WIB, kecuali Jumat pukul 08.30-14.00 WIB dan Senin tutup. Biaya masuk gratis, hanya perlu scan barcode di meja depan sebagai tanda mengisi buku tamu.

4. Alun-alun Kota Malang
 
Alun-alun Kota Malang bisa menjadi pilihan tempat wisata gratis di Malang untuk liburan sekolah. Kaliam hanya perlu membayar tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Ada sejumlah aktivitas yang bisa kamu lakukan di Alun-alun Kota Malang. Mulai dari bersepeda, jogging, berfoto, hunting kuliner, atau duduk santai sembari menikmati hiruk pikuk Kota Malang.

Jika mengajak anak-anak, ada area playground yang bisa digunakan secara cuma-cuma oleh pengunjung.

5. Hawai Waterpark dan Malang Night Paradise

Nggak mau kalah dengan kota-kota besar lainnya, Malang juga punya wahana air megah bernama Hawai Waterpark. Kabarnya, tempat ini menjadi wahana air terbesar se-Indonesia.

Pada akhir pekan dan hari libur, Hawai Waterpark luar biasa ramai karena cocok banget dijadikan tujuan wisata keluarga. Harga tiketnya masih terjangkau, Rp75 ribu di hari biasa dan Rp100 ribu di akhir pekan atau hari libur.

Selain itu, ada juga Malang Night Paradise yang lokasinya bersebelahan dengan Hawai Waterpark.

Wisata malam milik Hawai Group ini juga cocok untuk didatangi oleh wisatawan. Ini menjadi salah satu wisata terbaik juga yang di miliki Kota Malang dan diakui oleh Kemenparekraf.

Wisata Kota Malang ini buka setiap hari sejak pukul 17.45 WIB hingga 23.00 WIB dengan berbagai macam wahana yang tersaji.

Itulah 5 rekomendasi wisata Kota Malang selain Kayutangan Heritage. Kalian ingin datang ke mana setelah dari Kayutangan Heritage? (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.