https://madiun.times.co.id/
Pendidikan

UTBK-SBMPTN 2022 Dibuka Hari Ini, Yuk Ikuti Panduan Lengkapnya!

Rabu, 23 Maret 2022 - 13:37
UTBK-SBMPTN 2022 Dibuka Hari Ini, Yuk Ikuti Panduan Lengkapnya! Ilustrasi - Siswa mengikuti ujian UTBK. (FOTO: liputan6.com)

TIMES MADIUN, JAKARTAPendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 resmi dibuka hari ini (23/3/2022), pukul 15.00 WIB sampai tanggal 15 April mendatang.

SBMPTN merupakan seleksi masuk Perguruan Tinggi Nasional menggunakan nilai ujian UTBK. UTBK sendiri merupakan ujian yang wajib diikuti siswa guna mendaftar seleksi SBMPTN. Seleksi UTBK-SBMPTN bisa diikuti calon mahasiswa dari kelas 12 SMA maupun siswa lulusan 2 tahun sebelumnya.  

Dalam mengikuti ujian UTBK, ada beberapa syarat tertentu agar siswa bisa mengikuti seleksi satu ini, antara lain: memiliki akun LTMPT yang sudah dipermanen, NIK (Nomor Induk Kependudukan, serta surat keterangan duduk di kelas 12 atau fotokopi ijazah (bagi siswa gapyear).

Namun sebelum mendaftar, terdapat langkah-langkah yang patut dilakukan siswa. Apa saja?

1.      Login ke akun LTMPT

Kunjungi web ltmpt.ac.id, masukkan alamat email dan password yang telah diregistrasi sebelumnya. Setelah masuk, pilihlah menu PENDAFTARAN UTBK-SBMPTN 2022.

2.      Melengkapi biodata diri

Perhatikan data yang tertera dengan seksama. Lalu, lengkapilah data diri yang masih kosong. Selain itu, isilah juga data diri orang tua yang meliputi nama, pekerjaan, pendidikan, penghasilan, dan jumlah tanggungan. Bagi peserta tanpa kebutuhan khusus, silahkan tidak usah memberi centang pada form tuna netra/ buta ataupun tuna daksa/ lumpuh.

3.      Konfirmasi pengisian data

Seusai melengkapi biodata, siswa diharap meneliti kembali data diri dengan seksama. Jika terdapat data yang kurang sesuai, siswa bisa menekan tombol Kembali , dan mengubah data yang kurang sesuai. Jika sudah yakin bahwa data yang diisikan sudah benar, siswa bisa Konfirmasi dan Simpan Permanen.

4.      Memilih program studi

Sama seperti SNMPTN, dalam seleksi SBMPTN, siswa hanya diperbolehkan memilih maksimal 2 prodi di 2 PTN/ PTKIN/ Politeknik. Pilihlah PTN dan Program Studi pada pilihan 1 dan pilihan 2. Perlu diketahui, untuk pelamar KIP-K tidak dapat memilih program studi di perguruan tinggi di bawah Kementrian Agama. Jangan lupa centang pernyataan tentang kesanggupan membayar UKT.

5.      Mengunggah portofolio

Perhatikan prodi yang dipilih, jika prodi yang dipilih masuk dalam kategori Kesenian, Pertelevisian dan Olahraga maka siswa wajib mengunggah portofolio. Informasi mengenai portofolio pada masing-masing prodi, bisa diunduh melalui web ltmpt.ac.id pada bagian Unduhan. Setelah yakin, siswa bisa menekan tombol Lanjutkan untuk memilih pusat UTBK.

6.      Memilih pusat UTBK

Peserta UTBK bisa memilih pusat UTBK terdekat dari lokasi tempat tinggal. Misalnya: siswa yang berdomisili di Pasuruan, bisa memilih pusat UTBK di Malang (contohnya: UM, UB). Apabila telah selesai memilih, pencet tombol Simpan dan Lanjutkan.

7.      Konfirmasi akhir pengisian data

Setelah melakukan seluruh pengisian data, mulai dari konfirmasi data awal sampai pada memilih pusat UTBK. Namun apabila pusat UTBK yang dipilih salah, siswa bisa mengganti dengan memencet tombol Ganti Pusat UTBK. Jika sudah sesuai, klik Konfirmasi dan Lanjutkan. Setelah itu, siswa akan mendapat kotak konformasi akhir, pilihlah Ya, Saya setuju dan yakin untuk simpan permanen.   

8.      Membayar biaya pendaftaran

Untuk pelamar KIP-K, siswa dibebaskan membayar sehingga bisa langsung menekan tombol Ambil Kartu Peserta. Akan tetapi, jika bukan pelamar KIP-K maka siswa harus mengunduh slip bayar dan melakukan pembayaran dengan kode yang sudah tersedia. Pembayaran bisa dilakukan maksimal selama 2x24 jam.

9.      Konfirmasi kartu peserta

Di tahapan ini, siswa bisa melihat program studi sekaligus PTN yang sudah dipilih. Pada bagian Konfirmasi dan Simpan Permanen, centanglah pernyataan di bawahnya. Sekali lagi, muncul dialog box lalu tekanlah Ya, Simpan permanen.   

10.  Simpan dan cetak kartu

Simpanlah kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN tadi. Dokumen tersebut diperlukan guna memenuhi syarat mengikuti ujian dan daftar ulang di perguruan tinggi terkait.

Berikut adalah uraian tahapan pendaftaran UTBK-SBMPTN tahun 2022 ini. Selamat berjuang, dan semoga diterima di universitas impian ya!

Pewarta : Nur Rohmah (MG-397)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.