https://madiun.times.co.id/
Pendidikan

5 Jurusan UTBK 2023 Paling Favorit di Universitas Brawijaya

Jumat, 12 Mei 2023 - 17:08
5 Jurusan UTBK 2023 Paling Favorit di Universitas Brawijaya 5 Jurusan UTBK 2023 Paling Favorit di Universitas Brawijaya (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMES MADIUN, MALANG – Jurusan UTBK 2023 paling favorit nampaknya bisa menjadi pertimbangan terlebih dahulu bagi semua peserta. Khususnya yang sejak awal memang menentukan Universitas Brawijaya sebagai salah satu tujuan utama dalam mengikuti seleksi bersama secara nasional ini.

Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah bahwa semua mekanisme yang berkembang secara merata dalam proses mengikuti seleksi ini tentu memilih jurusan paling favorit. Akan tetapi juga perlu diingat bahwa pertimbangan tersebut juga sesuai dengan minat dan kemampuan setiap calon peserta.

Saat ini sebanyak 83 prodi atau jurusan telah disediakan oleh pihak Universitas Brawijaya khususnya pada pelaksanaan ujian tahun ini dalam semua Jurusan UTBK 2023, yang terdiri dari 78 program Sarjana dengan jumlah 5 prodi dari program Vokasi.

Berdasarkan informasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2022, ada beberapa jenis prodi atau jurusan kuliah yang memang diminati oleh banyak calon mahasiswa. Melalui informasi dari laman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) saat ini setidaknya ada sekitar 22 prodi dengan jumlah peminatan di atas 1.000 orang.

5 Jurusan UTBK 2023 Paling Banyak Diminati

Bahkan ada lima prodi yang peminatnya hampir konsisten di atas 2.000 orang, untuk memahami beberapa rekomendasi tersebut maka berikut ini adalah ulasannya. Hal ini tentunya butuh perhatian serius dari semua pengguna untuk menjadi pertimbangan lebih serius semua calon peserta.

1. Kedokteran

Jurusan UTBK 2023 pertama yang perlu untuk diperhatikan karena memiliki jumlah peminatan cukup tinggi adalah kedokteran. Berdasarkan data pada pelaksanaan UTBK tahun lalu jurusan ini memiliki kuota tampungan sebanyak 83 orang dengan jumlah pendaftar mencapai 3.321.

Jumlah ini tentunya bisa menjadi lebih banyak tahun ini karena peminatan pada jurusan ini tidak bisa dipungkiri terus meningkat. Apalagi prodi kedokteran UB juga sangat terkenal karena kualitas dan kapasitasnya.

2. Ilmu Komunikasi

Jurusan UTBK 2023 kedua yang perlu untuk diperhatikan karena memiliki jumlah peminatan cukup tinggi adalah ilmu komunikasi. Berdasarkan data pada pelaksanaan UTBK tahun lalu jurusan ini memiliki kuota tampungan sebanyak 89 orang dengan jumlah pendaftar mencapai 2.538.

Sebagai jurusan yang sangat favorit nampaknya kesempatan untuk bersaing dalam jurusan ini juga sangat ketat.

3. Psikologi

Jurusan UTBK SNBP 2023 ketiga yang perlu untuk diperhatikan karena memiliki jumlah peminatan cukup tinggi adalah psikologi. Berdasarkan data pada pelaksanaan UTBK tahun lalu jurusan ini memiliki kuota tampungan sebanyak 92 orang dengan jumlah pendaftar mencapai 2.508.

4. Ilmu Managemen

Jurusan UTBK 2023 keempat yang perlu untuk diperhatikan karena memiliki jumlah peminatan cukup tinggi adalah ilmu management. Berdasarkan data pada pelaksanaan UTBK tahun lalu jurusan ini memiliki kuota tampungan sebanyak 111 orang dengan jumlah pendaftar mencapai 2.430.

Mungkin jurusan management ini sangat lumrah tinggi peminatnya pada setiap kampus, akan tetapi di universitas brawijaya setiap tahun selalu berkembang lebih banyak.

5. Teknik Informatika

Jurusan UTBK SNBP 2023 terakhir yang perlu untuk diperhatikan karena memiliki jumlah peminatan cukup tinggi adalah teknik informatika. Berdasarkan data pada pelaksanaan UTBK tahun lalu jurusan ini memiliki kuota tampungan sebanyak 80 orang dengan jumlah pendaftar mencapai 2.135.

Dengan mempertimbangkan semua mekanisme yang berkembang terkait jumlah peminat Jurusan UTBK 2023 khususnya di Universitas Brawijaya ini maka perlu ada pertimbangan ulang untuk dikaji oleh semua peserta mengenai pilihan jurusan tersebut.(*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.