Pendidikan

Tekuni Bisnis Rengginang, Pemuda Asal Situbondo Jadi Wisudawan Berprestasi Unmuh Jember, Ini Kisahnya

Minggu, 03 April 2022 - 12:41
Tekuni Bisnis Rengginang, Pemuda Asal Situbondo Jadi Wisudawan Berprestasi Unmuh Jember, Ini Kisahnya Zaenur Rohman terpilih menjadi wisudawan berprestasi Unmuh Jember. (FOTO: Humas Unmuh Jember for TIMES Indonesia)

TIMES MADIUN, JEMBERZaenur Rohman terpilih menjadi wisudawan berprestasi Universitas Muhammadiyah Jember atau Unmuh Jember.

Terpilihnya Zaenur Rohman atau yang akrab disapa Zaen sebagai wisudawan berprestasi tersebut bukan tanpa alasan.

Wisudawan yang berasal dari Program Studi Agribisnis Unmuh Jember itu meraih tiga capaian sekaligus.

Capaian yang dimaksud adalah mahasiswa dengan lulusan tercepat, mahasiswa dengan IPK tertinggi, dan mahasiswa teladan.

Selain itu, Zaen juga merupakan seorang pengusaha muda yang menggeluti usaha sapi perah dan rengginang.

Zaenur-Rohman-2.jpg

Dari keterangan yang diterima TIMES Indonesia, Zaen menceritakan, dirinya mulai merintis usaha sapi perah pada tahun 2013 hingga sekarang dan agroindustri rengginang rasa-rasa sejak 2015 silam.

Meskipun bukan perkara mudah, Zaen dituntut untuk terus mengembangkan usaha yang ia miliki di samping persaingan yang cukup ketat di lingkungannya. 

Waktu diwawancara, Zaen mengungkapkan pemasaran produk-produknya tersebut akan terus ia sebar lebih luas di beberapa kawasan Tapal Kuda hingga Provinsi Jawa Timur. 

“Saat ini saya hidup di kawasan produksi rengginang, ya bagaimanapun saya tidak boleh stuck atau macet," kata Zaen, beberapa waktu lalu.

"Hal-hal yang bisa dikembangkan ya dikembangkan, termasuk salah satunya pemasaran. Seperti ketika orderan yang dari daerah Kediri, akan langsung dipenuhi dan dikirim. Mereka butuh berapa ya kita kirim langsung," sambung Zaen.

Dia mengatakan, usaha milik keluarga tersebut jangan sampai berhenti atau tidak berkembang.

"Saya harus bisa mengelola usaha berbeda dari yang lain," ungkap lelaki asal Situbondo tersebut.

Saat menjadi mahasiswa, Zaen aktif dalam mengikuti seminar, pengabdian masyarakat dan organisasi, salah satunya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan.

“Di UKM Kewirausahaan ini saya belajar banyak tentang pengembangan bisnis terutama untuk pembisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti saya," tuturnya.

Meskipun Zaen termasuk mahasiswa Program Studi Agribisnis, dirinya tidak pernah merasa bosan dalam menjelajah ilmu baru yang ia dapatkan. 

Usaha keluarganya selalu menjadi alasan Zaen untuk memaksimalkan bakatnya untuk mengelola usaha. 

Sekarang, hasil dari kerja keras dan semangat Zaen dalam menggeluti usahanya di bidang susu hasil sapi perah merambah di Kawasan Situbondo dan Bondowoso.

Ia juga memperluas pemasaran produknya melalui online atau marketplace.

“Mau tidak mau saya harus punya tekad, rugi jika saya tidak memanfaatkan peluang yang sudah saya pelajari di kampus dan usaha yang sudah keluarga saya rintis," imbuh Zaenur Rohman, wisudawan berprestasi Unmuh Jember tersebut. (*)

Pewarta : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.