https://madiun.times.co.id/
Pendidikan

3 Alasan Banyaknya Peserta UTBK 2023 Gugur Saat Hari Pertama

Kamis, 11 Mei 2023 - 16:51
3 Alasan Banyaknya Peserta UTBK 2023 Gugur Saat Hari Pertama Ilustrasi Peserta UTBK 2023.

TIMES MADIUN, JAKARTA – Kabar mengenai banyaknya peserta UTBK 2023 yang gugur dan terkonfirmasi secara maksiamal pada hari pertama nampaknya tidak sedikit. Sebab ada berbagai universitas yang mengkonfirmasi adanya masalah tersebut dengan berbagai pertimbangan yang secara umum perlu dikaji ulang.

Misalnya pada pelaksanaan UTBK jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada hari pertama. Seharusnya peserta yang terdaftar sekitar 1.740 peserta untuk pelaksanaan hari pertama dan kedua.

Akan tetapi  jumlah peserta yang mengikuti UTBK di Unesa di hari pertama yang seharusnya  1.820 peserta . Namun, pada saat tes pada saat sesi kedua dimulai hanya diikuti 1.740 peserta. Sehingga peserta UTBK 2023 yang gugur ada sekitar 80 orang.

Begitu juga pelaksanaan UTBK Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang mencatat jumlah peserta terdaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer seharusnya ada sekitar 30.013 orang. Namun, pada hari pertama pelaksanaan UTBK tepatnya pada senin kemarin ada sekitar 43 peserta yang tidak hadir untuk mengikuti ujian seleksi tersebut..

Selain dua kampus ini nyatanya masih ada banyak lagi kasus serupa mengenai tidak ada konfirmasi jelas dari pihak peserta mengapa tidak bisa hadir untuk mengikuti seleksi tersebut. Setidaknya ada 3 alasan utama yang biasanya membuat peserta dinyatakan gugur.

3 Alasan Utama peserta UTBK 2023 Banyak Gugur

Sampai saat ini menurut penjelasan beberapa pihak pelaksana mengenai beberapa kejadian khususnya mengapa banyak sekali peserta yang kemudian dinyatakan gugur saat hari pertama seleksi ujian tersebut.

  1. Telah diterima di Kampus Lain

Alasan pertama mengapa banyak sekali peserta UTBK 2023 yang gugur dalam pelaksanaan ujian hari pertama tersebut tentunya tidak lepas dari pertimbangan mengenai kemungkinan telah diterima di kampus lain. Aspek ini bahkan banyak sekali ditemui dari beberapa peserta seleksi.

Perlu diketahui juga sebenarnya setiap calon peserta UTBK seringkali telah menyiapkan opsi tambahan berupa pilihan untuk mendaftar ke kampus lain secara bersamaan. Sehingga jika kemungkinan besar pada tes UTBK tidak berhasil akan ada opsi cadangan untuk diikuti selanjutnya.

Akan tetapi mayoritas juga pertimbangan kampus alternative tersebut telah mengeluarkan pengumuman terlebih dahulu, sehingga bisa langsung dipilih.

  1. Ada Kendala Non-Teknis

Alasan kedua mengapa banyak sekali peserta UTBK 2023 yang gugur dalam pelaksanaan ujian hari pertama tersebut juga bisa diakibatkan kendala non teknis pada saat hari H. Aspek ini tentu bukan disengaja sebab mayoritas memang tidak bisa di prediksi secara matang oleh semua calon peserta.

Salah satu contoh kasusnya mungkin bisa diakibatkan oleh beberapa calon peserta dari luar kota yang harus menempuh perjalanan jauh terlebih dahulu. Dan seringkali aspek tersebut terkendala karena ada masalah akomodasi yang menyebabkan peserta lambat datang ke lokasi seleksi.

  1. Sengaja Tidak Ikut Seleksi

Alasan terakhir mengepa banyak sekali peserta dalam pelaksanaan UTBK 2023 yang gugur dalam pelaksanaan ujian hari pertama tersebut juga karena factor kesengajaan. Akibatnya banyak sekali data ganda pada pelaksanaan ujia UTBK tahun ini dan tahun sebelumnya.

Kesengajaan ini biasanya bisa bersumber dari beberapa peserta yang hanya penasaran untuk ikut seleksi atau sekedar aji mumpung. Masalah ini seringkali terjadi secara berulang setiap tahunnya, sehingga butuh solusi yang cepat dan solutif dari pihak penyedia agar masalah peserta UTBK 2023 yang gugur ini bisa ditanggulangi. (*)

 

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.