Pendidikan

Riset Skema Kemanusiaan, UAD Berikan Psikoterapi bagi Yatim Piatu Korban Covid-19

Rabu, 30 Maret 2022 - 18:40
Riset Skema Kemanusiaan, UAD Berikan Psikoterapi bagi Yatim Piatu Korban Covid-19 Riset skema kemanusiaan UAD bermitra dengan Panti Asuhan Al-Lathiif, Sleman,Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

TIMES MADIUN, YOGYAKARTA – Hibah riset keilmuan dengan skema kemanusiaan merupakan program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Inovasi Kemendikbud Ristek. Salah satu penerima hibah tersebut adalah dosen dan mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dengan satu tahun pelaksanaan pada 2022. 

Tim riset ini diketuai Dr Wantini, MPdI dengan anggota Dr Suyatno, MPdI dan Siti Muthia Dinni, MPsi Psikolog.

Sedangkan anggota mahasiswa berjumlah 5 orang, di antaranya Wardatus Sholihah, Hilda Putri Seviarica, Heni Rahmawati, Cikal Jiwani Putri dan Mutia Eka Putri. Riset ini bermitra dengan Panti Asuhan Al-Lathiif, Sleman,Yogyakarta.

Pada  Senin (28/3/2022) riset kemanusiaan ini telah melaksanakan tahap uji coba intervensi psikoterapi bagi anak yatim piatu korban covid-19 yang merupakan pelaksanaan dari hasil atau pengembangan intervensi kedukaan bagi anak usia 7-10 tahun. 

Permasalahan yang muncul pada anak-anak korban covid-19 adalah permasalahan kesehatan mental, termasuk kesehatan mental negatif yaitu suatu kondisi kesehatan mental di bawah rata-rata. Hal ini disebabkan oleh rasa kehilangan yang memunculkan rasa kekhawatiran dan kedukaan bagi anak-anak. 

Anak yang menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal terpapar Covid-19 perlu mendapat penanganan yang tepat. Salah satunya dengan intervensi psikoterapi.

Tujuan intervensi psikoterapi yaitu menyusun kembali kepribadian, penemuan makna hidup, dan memperbaiki gangguan emosional dan beradaptasi kembali dalam menjalani hidup. 

Masalah Kesehatan mental dapat berkembang tidak hanya menjadi persoalan kesehatan fisik, namun menjadi persoalan sosial dan kesehatan mental.  Dengan adanya riset ini, tim dari UAD berharap bisa mengurangi dampak dari Kesehatan mental bagi anak-anak.  (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.