Olahraga

Atlet Senam Artistik Rifda Irfanaluthfi Sumbangkan Dua Emas di SEA Games 2021 Vietnam

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:03
Atlet Senam Artistik Rifda Irfanaluthfi Sumbangkan Dua Emas di SEA Games 2021 Vietnam Atlet senam artistik Indonesia, Rifda Irfanaluthfi saat tampil di SEA Games Vietnam (FOTO: Dokumen/Kemenpora)

TIMES MADIUN, JAKARTA – Atlet senam artistik Indonesia Rifda Irfanaluthfi mampu membuktikan prestasinya di ajang SEA Games 2021 Vietnam. Rifda berhasil mempersembahkan dua medali emas di dua nomor senam artistik, all around dan floor exercise.  

Rifda bahagia luar biasa ketika namanya terpampang di urutan teratas  nomor floor exercise papan skor di Quan Ngua Sports Palace, Selasa(17/5/2022). Ini adalah medali emas kedua yang didapatkannya di Vietnam, setelah sebelumnya tampil terbaik di nomor all around dan menempati urutan ketiga nomor vault table.

Bagi Rifda dua emas yang akan dibawanya ke Tanah Air besok membawa arti besar. Bagaimana tidak, ini adalah kali pertama ia membawa pulang emas di nomor all around dan floor exercise di pesta olahraga multicabang kawasan Asia Tenggara. Hasil ini sekaligus menyempurnakan gairahnya menuju Olimpiade 2024 Paris.

“Saya sempat bilang ini SEA Games terakhir, tetapi bukan berarti pensiun. Justru saya ingin  berprestasi lebih tinggi lagi, seperti Asian Games dan Olimpiade. Semoga bisa diberi kesehatan dan tidak ada cedera sehingga bisa ke Olimpiade 2024 Paris,” kata Rifda.

Turun di nomor floor exercise, Rifda berhak atas medali emas bersama usai membukukan nilai 12.700, angka yang sama dengan raihan Sasiwimon Mueangphuan. Perunggu diamankan tuan rumah Nhu Phuong Pham  dengan Nilai 12.033. 

Raihan ini menyempurnakan penampilannya di SEA Games. Dua hari lalu, Rifda turun di nomor all around, yang memperlombakan palang bertingkat (uneven bars), balok keseimbangan (balance beam), artistik lantai (floor exercise), kuda lompat (vaulting horse). 

Hasilnya luar biasa, ia meraih nilai tertinggi dengan total sebesar 49.650. Nilai ini lebih tinggi dari capaian pesenam impor Filipina berdarah Amerika Serikat, Aleah Finnegan, yang harus puas meraih medali perak pada debutnya SEA Games 2021.

“Sejujurnya persaingan senam di level ASEAN Sekarang sangat kuat, Filipina punya Aleah yang pernah menjadi anggota senam Timnas AS dan pesenam muka lama juga semakin jago. Ini membuat mata saya terbuka dan semangat belajar lebih untuk meningkatkan kesulitan gerakan,” ujar Rifda.
 
“Target terdekat ingin dapat medali lagi di Asian Games, tetapi karena ditunda mungkin saya ingin fokus untuk single event World Championship di Liverpool, Oktober 2022. Jadi pulang dari SEA Games, saya lanjut pelatnas sampai Desember,” kata Rifda. 

Melihat peforma memukau Rifda, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry Kono memberikan apresasi tinggi. Ia juga mengaku sangat bangga karena menjadi saksi hidup kesuksesannya perjuangan Rifda saat turun di nomor all around.

"Salah satu kompetitor dari Filipina (Aleah) tadi adalah anak Amerika dengan paspor ganda. Namun menurut saya, Rifda jauh lebih baik," pungkas Ferry Kono. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.