Gaya Hidup

Trik Make Up untuk Kulit Wajah Berminyak

Kamis, 24 Juni 2021 - 03:41
Trik Make Up untuk Kulit Wajah Berminyak ILUSTRASI - Mengatasi kulit wajah berminyak. (FOTO: Dean Drobot/Shutterstock)

TIMES MADIUN, JAKARTA – Memiliki kullit wajah berminyak seolah menjadi tantangan tersendiri saat make up. Bagaimana tidak, seringkali pemilik kulit wajah berminyak mengalami riasan tidak maksimal dan mudah luntur. Agar wajah terlihat tetap cantik, tak jarang mereka selalu membenahi make up berkali-kali. Hal ini tentu sangat merepotkan.

Namun, sekarang Anda yang memiliki wajah berminyak tak perlu khawatir. Anda dapat melakukan beberapa trik agar riasan di kulit berminyak anda tetap awet. Seperti dilansir dari Tabloid Bintang, berikut cara menyiasati agar make up tahan lama dan bebas minyak.

Kompres Wajah dengan Es Batu

Sebelum mengaplikasikan make up, bersihkan wajah dengan pembersih khusus kulit berminyak. Setelah itu kompres wajah dengan es batu. Pastikan tiap bagian wajah Anda terkena sensasi dingin es batu. Sensasi ini bermanfaat menenangkan kelenjar minyak pada kulit sekaligus mengurangi produksi minyak. Selain itu kulit wajah pun lebih segar. Jika ada sisa-sisa butiran air dari hasil kompres, biarkan mengering dengan sendirinya. 

Gunakan Primer

Setelah mengompres wajah, gunakan primer. Krim dasar make up yang diaplikasikan sebelum foundation atau alas bedak ini sering terlewatkan bahkan terabaikan. Padahal fungsi primer sangat penting, seperti menutupi noda, kerut, pori-pori besar, juga membantu mengurangi minyak berlebih di wajah, sehingga make up bertahan lebih lama.

Alas Bedak Bebas Minyak

Setelah mengaplikasikan primer, diamkan sejenak 2-3 menit. Kemudian aplikasikan alas bedak atau foundation. Untuk kulit berminyak, disarankan menggunakan alas bedak cair karena lebih ringan dari alas bedak padat. Pakailah alas bedak cair yang berlabel bebas minyak atau oil free dan sudah dilengkapi SPF.

Gunakan Bedak Tabur

Untuk kulit berminyak, gunakan bedak tabur. Bedak jenis ini menyerap minyak dengan baik, sehingga setelah beberapa jam beraktivitas, wajah tidak terlihat berminyak. Hindari bedak padat atau two-way cake, karena dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan jerawat. Pastikan spons bedak Anda selalu bersih.

Aplikasikan Make Up Matte

Untuk mengurangi efek mengkilap, pilihlah jenis make up matte. Make up ini hasilnya halus, tanpa kilap. Pertama, pastikan eyeshadow Anda berjenis matte, karena tidak mengandung aksen shimmer atau glitter. Sebab pada kullit wajah berminyak, eyeshadow yang berkilau cepat luntur.

Agar melekat sempurna, oleskan terlebih dulu eyeshadow base pada kelopak mata. Kedua, pilih juga blush on berjenis matte, sehingga rona merah di pipi terlihat lembut dan natural. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.