https://madiun.times.co.id/
Gaya Hidup

Mengenal Istilah Amenitas dalam Dunia Perhotelan

Senin, 30 Januari 2023 - 04:22
Mengenal Istilah Amenitas dalam Dunia Perhotelan Amenitas yang disediakan oleh hotel. (Foto: Juyochi/Freepik)

TIMES MADIUN, JAKARTA – Pernahkah anda mendengar atau membaca brosur sebuah hotel yang di dalamnya menyebutkan kata-kata amenitas? Tahukah anda arti dari istilah tersebut? JIka belum maka tidak ada salahnya anda membaca artikel ini.

Amenitas jika diartikan secara harfiah ke dalam bahasa Indonesia berarti fasilitas. Namun secara terminologi dalam istilah perhotelan kata-kata ini berarti fitur berguna atau fasilitas yang dihadirkan oleh sebuah tempat atau gedung.

Di sisi lain, Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan kata benda ini sebagai sarana untuk melancarkan pelaksanaan fungsi atau kemudahan. Hal ini tentunya diberikan untuk menambahkan kenyamanan para pengunjung. 

Produk yang dimasukkan dalam fasilitas ini sangatlah bervariasi. Umumnya produk-produk tersebut berukuran kecil dan dapat dibawa dari rumah. Namun jika tempat anda menginap memiliki fasilitas ini tentunya akan sangat memudahkan anda dalam melakukan perjalanan bukan?

Beberapa orang bahkan akan mengoleksi amenitas yang diberikan oleh tempat mereka menginap. Lantas apakah produk tersebut diberikan secara gratis? Benar sekali, produk-produk ini bisa didapatkan secara gratis di dalam kamar hotel anda. 

Macam-macam Amenitas Hotel Bagi Tamu yang Menginap

Dilansir dari Cataloniahotels terdapat beberapa macam amenitas di dalam akomodasi modern. Hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing tempat untuk memmberikan fasilitas kepada para tamu mereka.

1. Amenitas Kamar

Dalam sebuah kamar tempat anda menginap kadang terdapat bar atau dapur kecil yang memiliki mesin pembuat kopi dan microwave. Belum lagi jika ada kulkas dengan isinya juga bisa disebut sebagai amenitas ruangan. 

Beberapa tempat juga akan menyediakan televisi, hair dryer, sabun, sampo, sikat gigi, dan pasta gigi serta handuk. Bahkan jaman sekarang ada pula yang menyediakan Wi-Fi. Room-service juga menjadi salah satu fasilitas mewah yang bisa didapatkan di beberapa hotel.

2. Amenitas Luar Kamar

Untuk amenitas yang terdapat di luar kamar juga cukup tergantung dari kebijakan hotel sendiri. Namun beberapa fasilitas seperti sarapan pagi gratis, tempat bersantai, kolam renang, dan tempat parkir juga menjadi salah satu bagian dari fasilitas ini.

Beberapa tempat juga akan memberikan faslitas lain seperti spa atau tempat olahraga (fitness center). Sauna, bioskop mini, playground, kids club, dan beberapa fasilitas menyenangkan juga bisa didapatkan di hotel yang diperuntukkan khusus untuk kenyamanan para tamu. 

3. Amenitas Khusus

Beberapa hotel akan menyediakan layanan khusus bagi tamu mereka. Salah satunya yakni kasur tambahan, dipan bayi atau baby cribs, babysitter serta paket pesta juga menjadi fasilitas tambahan. Namun untuk mendapatkan fasilitas ini beberapa hotel akan menambahkan harga khusus. 

Amenitas hotel diklasifikasikan menurut jenis hotel dan kategori kamar. Juga, fasilitas hotel terbaik bergantung pada kebutuhan dan keinginan pelanggan di sebuah hotel. Kualitas fasilitas kamar dapat mengubah pengalaman pelanggan dan membuat mereka betah dan kembali lagi saat berkunjung ke daerah yang sama. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.