Berita

Taman-Taman di Kota Kediri Kembali Dibuka Sampai Malam 

Minggu, 18 September 2022 - 10:09
Taman-Taman di Kota Kediri Kembali Dibuka Sampai Malam  Aktivitas sejumlah warga di Taman Hutan Kota Joyoboyo, Kota Kediri (FOTO: Yobby/TIMES Indonesia)

TIMES MADIUN, KEDIRI – Sejumlah taman di Kota Kediri mulai kembali dibuka hingga malam. Mulai Jumat (16/09/2023)  jam operasional taman dibuka mulai jam 07.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. 

Keputusan untuk membuka taman, sesuai jam operasional sebelum pandemi covid-19 ini didasari pada antusiasme masyarakat yang berharap agar taman-taman di Kota Kediri kembali dibuka sampai malam. 

Selama beberapa bulan terakhir sejumlah taman di kota Kediri memang hanya beroperasi mulai pagi hingga sore hari. Hal itu terkait dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan selama pandemi covid-19. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri Anang Kurniawan mengungkapkan seiring dengan pembukaan taman secara penuh waktu itu, perawatan taman juga dilakukan secara berkelanjutan.

taman-di-Kota-Kediri-2.jpg

"Meskipun selama ini jam operasionalnya kita batasi sampai jam 6 sore, tapi kita tetap melakukan perawatan setiap hari. Karena ini nanti jam operasionalnya dibuka lebih lama sampai jam 10 malam, jadi kita lebih melakukan penataan ke personilnya," tutur Anang Kurniawan, Sabtu (17/09/2022). 

Berkaitan dengan hal tersebut, Anang mengaku telah melakukan persiapan dengan melakukan ujicoba dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) terkait kebersihan, keamanan di masing-masing taman. "Jadi sumber daya manusia secara keseluruhan kita siapkan untuk keamanan, kebersihan, pemeliharaannya,” jelas Anang lagi. 

Anang menuturkan ke depan akan terus dilakukan evaluasi dan ke depan jika kondisinya semakin normal tidak menutup kemungkinan akan dibuka untuk seterusnya. 

Anang berharap masyarakat bisa memanfaatkan taman di Kota Kediri untuk kegiatan positif serta ikut menjaga kenyamanan dan kebersihan taman.Di Kota Kediri terdapat 6 taman besar yakni Hutan Kota Joyoboyo, Taman Sekartaji, Taman Ngronggo, Taman Brantas, Taman Tempurejo, dan Memorial Park.

Sedangkan taman kecil antara lain Taman Pancasila, Taman Harmony, dan Taman Supriadi.“Untuk bersantai, belajar ataupun untuk kegiatan lain sepanjang kebersihan dan ketertibannya tetap dijaga dan protokol kesehatan juga agar ke depan bisa lebih baik lagi,” terangnya.

Semua taman di Kota Kediri sempat tutup total di awal-awal masa pandemi sampai akhir tahun 2021 lalu. Saat itu, tidak langsung dibuka, Pemkot awalnya melakukan ujicoba pembukaan 3 taman besar yakni Taman Brantas, Taman Ngronggo, dan Taman Tempurejo. Ujicoba dilakukan pertama kali pada 1-22 Desember 2021, namun harus kembali ditutup pada bulan Januari 2022 seiring dengan melonjaknya angka covid-19. 

Setelah angka covid-19 melandai dan melalui proses evaluasi, ketiga taman di Kota Kediri tersebut kembali dibuka pada bulan Februari dengan menerapkan protokol kesehatan ketat seperti  kapasitas maksimal 50 persen, wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk skrining, serta menjaga kebersihan dengan hand sanitizer. 

taman-di-Kota-Kediri-3.jpg

Selang sebulan tepatnya pada bulan Maret, semua taman-taman di Kota Kediri kembali dibuka dengan jam operasional taman, dibuka sejak pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB, berlaku di semua taman yang ada di Kota Kediri. Diharapkan dengan dibukanya kembali taman di Kota Kediri dapat menyokong geliat ekonomi daerah untuk terus tumbuh

Kunjungan masyarakat ke sejumlah taman di Kota Kediri, sejak pandemi covid-19 melandai mengalami peningkatan yang signifikan, terutama saat bulan Ramadhan lalu. 

Berdasarkan catatan dari Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri, Selama bulan Ramadhan kemarin, ada peningkatan untuk pengunjung taman di Kota Kediri, terutama saat sore hari. Kunjungan masyarakat ke sejumlah taman terutama di taman yang dekat dengan penjual takjil meningkat hingga 50 persen. (*)

Pewarta : Yobby Lonard Antama Putra
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.