https://madiun.times.co.id/
Gaya Hidup

Inilah 5 Makanan yang Bisa Membantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Selasa, 06 Juni 2023 - 12:25
Inilah 5 Makanan yang Bisa Membantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi Alpukat tinggi lemak dengan 60 persennya adalah lemak tak jenuh tunggal, yang menurut penelitian membantu melindungi dari penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah.(FOTO: realfood)

TIMES MADIUN, JAKARTATekanan darah tinggi atau hipertensi bisa menjadi kondisi yang mematikan, dan tidak semua orang tahu cara menghindarinya. Namun ada 5 makanan yang sehat untuk bisa mengurangi risikonya.

Meskipun mengurangi asupan garam sebagai titik awal yang baik, namun beberapa makanan sebenarnya baik untuk dimakan jika anda ingin mengurangi risikonya.

Hal itu bisa menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya, termasuk penyakit jantung dan stroke , dan lagi gejalanya tidak selalu terlihat.

Para ahli gizi di Inggris mengatakan, seperempat penduduk Inggris menderita hipertensi, namun banyak yang tidak menyadarinya.

Seorang ahli gizi di University of Reading, Inggris, Profesor Gunter Kuhnle misalnya, menyebutkan bahwa blueberry, apel, dan teh hijau semuanya mengandung flavanol.

Ada bukti yang cukup baik bahwa mereka itu bisa menurunkan tekanan darah, dan tentunya tergantung pada jumlahnya. "Tapi makan makanan ini bisa membantu menurunkan risiko anda," kata para ahli itu.

Berikut ini 5 makanan yang sehat untuk dibeli menurut ahli gizi :

1. Apel

Mengkonsumsi satu buah apel setiap hari benar-benar bisa menjauhkan dokter  setidaknya dalam hal tekanan darah anda. Buah lezat yang dikemas dengan antioksidan yang disebut flavanols ini telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Dr Duane Mellor, ahli diet di Aston University di Birmingham menyebutkan, senyawa flavanol itu membantu arteri rileks, meningkatkan sesuatu yang disebut fungsi endotel yang membantu pembuluh darah kita merespons stress dengan lebih baik dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

"Hal ini terjadi karena flavanol mendukung produksi oksida nitrat yang bila diproduksi dalam tubuh kita pada tingkat yang tepat membantu kita tetap sehat," katanya.

Sementara ahli diet di Gut Feeling Consultancy, Kara Landau menambahkan, mengkonsumsi antara 100-150g apel per hari, idealnya dengan kulit, terbukti menjadi cara bagus untuk mengonsumsi dosis yang diperlukan dari flavonoid sehat jantung yang terbukti berdampak positif.

2. Blueberry

Buah super ini membantu meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, melebarkan arteri dan mengurangi ketegangan pada jantung.

Mellor mengatakan, dalam uji klinis, ekstrak dari makanan seperti blueberry liar terbukti meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan bahkan menurunkan tekanan darah dalam penelitian yang berlangsung hingga dua minggu.

"Ini mengikuti dari penelitian dengan cokelat hitam - sering dibuat khusus untuk uji coba menjadi lebih kaya flavanol," ujarnya.

3. Kacang

Pokok yang sering diabaikan, kacang-kacangan harus menjadi bagian inti dari diet seimbang apa pun .

Mereka adalah sumber vitamin , mineral, antioksidan, omega-3, dan lemak tak jenuh tunggal yang bagus - tetapi pastikan Anda memilih jenis yang tidak diasinkan jika Anda khawatir dengan tekanan darah Anda.

Landau juga mengatakan, kacang adalah sumber yang bagus dari berbagai nutrisi yang secara individual telah didukung secara ilmiah untuk membantu menurunkan tekanan darah , dengan kacang pohon khususnya terbukti menurunkan tekanan darah sistolik. 

Contohnya kenari, yang  menawarkan asam alfa linoleat (ALA) serta L-argenin, keduanya terbukti positif untuk relaksasi dan membuka arteri serta berdampak positif pada tekanan darah.

4. Teh hijau

Mengganti secangkir minuman pembangun dengan teh hijau bisa membantu anda menurunkan tekanan darah. Minuman yang populer di Asia ini penuh nutrisi, termasuk flavanol.

Landau menambahkan, mengkonsumsi teh hijau telah terbukti mendukung tekanan darah yang sehat karena senyawa polifenol tertentu yang dikenal sebagai katekin yang ada. 

"Senyawa ini merangsang produksi oksida nitrat yang kemudian mampu melebarkan pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah," kata dia.

5. Alpukat

Buah alpukat adalah sumber minyak tak jenuh tunggal yang bagus, yang menurut penelitian dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Penelitian menunjukkan buah ini juga mengandung vitamin E, yang juga bisa menguranginya pada orang dengan hipertensi ringan.

Tetapi sementara makanan ini bisa bermanfaat bagi kesehatan anda, namun buah dan kacang-kacangan tersebut bukanlah pengganti diet seimbang dan pastikan anda membatasi makanan dan kebiasaan yang tidak sehat. 

Profesor emeritus nutrisi dan diet di King's College London, Prof Tom Sanders mengatakan, bahwa mengurangi asupan garam dan alkohol adalah kunci untuk menjaga tekanan darah yang sehat.

"Untuk orang dengan tekanan darah tinggi, saya akan memfokuskan saran untuk mengurangi asupan garam, asupan alkohol sedang, berat badan serta diet seimbang yang mengandung lima porsi buah dan sayuran sehari," katanya.

Ahli diet senior di British Heart Foundation, Victoria Taylor mengatakan, mengadopsi gaya hidup aktif yang sehat, makan makanan seimbang, tidak merokok, dan menjaga berat badan yang sehat bisa membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

"Semua buah dan sayuran baik untuk jantung dan sistem peredaran darah anda, tetapi tidak ada satu pun buah atau sayuran yang menyediakan semua nutrisi yang anda butuhkan untuk menjadi sehat," ujarnya.

"Pastikan piring anda penuh warna dan makan beragam akan berarti anda mendapat manfaat dari berbagai nutrisi yang berbeda, yang semuanya akan membantu mendapatkan lima hari anda," kata dia.

Itulah lima makanan sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi para ahli di Inggris untuk bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.