https://madiun.times.co.id/
Ekonomi

Tips Mengatur Keuangan Jelang Lebaran, Ini penjelasan pakar UGM

Rabu, 19 April 2023 - 19:00
Tips Mengatur Keuangan Jelang Lebaran, Ini penjelasan pakar UGM Ilustrasi keuangan lebaran (FOTO: Freepik.com)

TIMES MADIUN, YOGYAKARTA – Perayaan hari lebaran selalu identik dengan pakaian baru, kue lebaran dan masakan spesial lainnya. Belanja menjelang lebaran jika keuangan tidak dikelola dengan bijak dengan menahan diri untuk banyak berbelanja, bisa menyebabkan pengeluaran jadi berlebihan bahkan bisa menguras isi kantong. 

Terkait hal itu, Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis atau FEB UGM, Akhmad Akbar Susamto, SE, MPhil PhD memberikan tips mengatur keuangan jelang lebaran. Ia menyampaikan setiap orang dapat berhemat dengan mengelola keuangan dengan bijak untuk tidak dihabiskan sepenuhnya untuk kebutuhan lebaran dengan membuat perencanaan anggaran dengan kebutuhan skala prioritas. 

“Mulailah dengan membuat anggaran dan prioritas untuk pengeluaran idul fitri termasuk zakat, sedekah, hadiah, pakaian, makanan dan aktivitas lainnya. Ini akan membantu menghindar pengeluaran berlebihan dan menjaga keuangan tetap terkendali,” kata Akbar, Rabu (19/4/2023).

Belanja Lebaran Sebaiknya Sebelum Lebaran

Dia menyarankan sebaiknya melakukan belanja lebaran lebih awal atau sebelum lebaran. karena dengan berbelanja lebih awal sebelum mendekati hari lebaran justru dapat menghindarkan dari sikap ketergesa-gesaan dengan tawaran harga barang kebutuhan yang lebih tinggi.

“Bandingkan harganya, cari obral dan diskon jika memungkinkan,” jelasnya.

Nah, hal penting lainnya adalah saat belanja lebaran sebaiknya difokuskan pada hal-hal fungsional saja. Sementara itu, untuk kebutuhan lain yang bersifat tidak fungsional sebaiknya dihindari.

Apabila memiliki kelebihan uang, ia menyarankan untuk digunakan membantu masyarakat yang membutuhkan atau bersedekah. Tidak sedikit di sekitar lingkungan tempat tinggal kita pendapatannya menurun karena dampak pandemi atau menjadi korban PHK. 

“Jika ada kelebihan uang sangat disarankan untuk membantu yang kesusahan,” ucapnya.

Selain itu, yang tidak kalah lebih penting, dalam kondisi sekarang ini lebih baik kita menjaga dan mengedepankan kesederhanaan. “Masyarakat juga bisa fokus pada semangat idul fitri yang sebenarnya, yaitu silaturahmi, serta menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman untuk saling maaf memaafkan,” papar Dosen FEB UGM, Akbar terkait tips kelola keuangan jelang lebaran. (*)

Pewarta : A. Tulung
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.