Ekonomi

Imbas Sanksi Barat, Taipan Minyak Rusia Mundur dari Jabatannya

Jumat, 22 April 2022 - 15:00
Imbas Sanksi Barat, Taipan Minyak Rusia Mundur dari Jabatannya CEO Lukoil Vagit Alekperov. (FOTO: The Moscow Times/TASS)

TIMES MADIUN, JAKARTA – CEO raksasa minyak Lukoil, Rusia, Vagit Alekperov mengundurkan diri dari jabatannya sebagai direktur dan juga dewan direksi setelah 29 tahun menjabat.

Lukoil merugi di bawah sanksi Inggris dan Australia pada bulan ini akibat sanksi barat atas invasi Rusia ke Ukraina.

Alekperov menjadi presiden Lukoil sejak tahun 1993 dan memimpin salah satu produsen minyak terbesar di dunia dalam sejarah modern Rusia.

Dilansir The Moscow Times, taipan minyak ini dilaporkan sebagai pengusaha terkaya ke-10 di Rusia, dan kali ini jatuh di bawah sanksi Inggris dan Australia bulan ini sebagai bagian dari hukuman Barat atas invasi Rusia ke Ukraina.

Terlepas dari peran bersejarahnya di perusahaan, pada 31 Maret, Alekperov hanya memiliki 3,12% saham Lukoil dan 5,43% sahamnya secara tidak langsung, termasuk melalui perwalian keluarga dan reksa dana, Interfax melaporkan .

Lukoil pada awal Maret menjadi perusahaan Rusia terbesar yang menyerukan penghentian segera pertempuran di Ukraina dan resolusi diplomatik dari apa yang disebut Kremlin sebagai “operasi militer khusus” di Ukraina.

Alekperov dilaporkan telah menderita kerugian finansial yang signifikan sejauh ini pada tahun 2022.

Menurut perkiraan Forbes, kekayaan bersih taipan minyak Rusia ini pada tahun 2021 adalah $24,9 miliar dan sejak itu menyusut menjadi sebesar $14,4 miliar, meskipun ada kenaikan harga minyak setelah invasi Ukraina. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.