https://madiun.times.co.id/
Ekonomi

Kementerian PUPR: Hampir Rampung, TMII Siap Digunakan KTT G20

Rabu, 28 September 2022 - 19:02
Kementerian PUPR: Hampir Rampung, TMII Siap Digunakan KTT G20 Ketua Satgas Percepatan Infrastruktur G20 Achmad Gani Ghazaly Akman. (FOTO: Moh Ramli/ TIMES Indonesia)

TIMES MADIUN, JAKARTA – Penataan dan revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, yang dilakukan oleh Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) hampir rampung.

Ketua Satgas Percepatan Infrastruktur G20 Achmad Gani Ghazaly Akman mengatakan, revitalisasi itu kini sudah mencapai 90 persen lebih. Sementara untuk penataan kawasan pedestrian dan penanganan jalan sudah mencapai 100 persen.

"Hampir selesai semua, baik dari SDA Bina Marga, Cipta Karya sudah hampir selesai. Bahkan, Bina Marga dan SDA sudah tuntas tinggal rehabilitasi-rehabilitasi bangunan," ujarnya kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

G20-Achmad-Gani-Ghazaly-Akman-2.jpg

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur yang kini di revitalisasi. (FOTO: Moh Ramli/ TIMES Indonesia)

Ia menjelaskan, pekerjaan tersebut akan pihaknya kebut. Itu karena, bulan Oktober 2022 ini akan dipakai untuk salah satu gelaran Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20.

Staf Ahli Menteri Bidang Keterpaduan Pembangunan itu menyampaikan, tahap awal Kawasan TMII baru akan digunakan untuk gelaran tersebut dan belum terbuka bagi masyarakat umum.

"(tanggal) 6 Oktober 2022 akan digunakan untuk G20. Setelah itu masyarakat secara bertahap," ujarnya.

Anggaran Rp1,08 Triliun

Sementara itu, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, revitalisasi TMII dikerjakan atas permintaan Kementerian Sekretariat Negara (Setneg RI). 

Ia menjelaskan, pelaksanaan itu diatur di Peraturan Presiden Nomor 116/2021 yang diperkuat dengan aturan Peraturan Menteri PUPR 245/KPTS/2022.

G20-Achmad-Gani-Ghazaly-Akman-3.jpg

"Beberapa kita bongkar karena tuntutan kita 70 persen area hijau dan 30 persen bangunan," jelasnya. Kata dia, renovasi TMII dilaksanakan dalam 3 zona dengan total anggaran sebesar Rp1,08 triliun.

Zona 1 dengan tema 'Indonesia Klasik' di antaranya penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono, plaza utara dan selatan, Plaza Gadjah Mada, Tugu Pancasila, Keong Mas, Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Indonesia, dan Lantai 1 gedung pengelola sebagai gerai UMKM.

Zona 2 dengan tema 'Arsitektur Nusantara',  Tradisi, dan Budaya Sulur di antaranya penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar dalam, Plaza Boulevard Nusantara, amphiteater, dan promenade keliling Danau Archipelego. Lalu di zona 3 dengan tema 'Indonesia Kini Modern' diantaranya penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar luar.

Wisata Masyarakat Domestik

Pasa Selasa (23/8/2022) lalu, Presiden Jokowi (Joko Widodo) juga sudah meninjau progres renovasi TMII tersebut. Kepala Negara mengatakan, TMII adalah kawasan taman wisata yang merangkum ragam budaya Indonesia dan kebhinekaan yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Kata Presiden Jokowi, sejak dibangun tahun 1975 belum pernah dilakukan renovasi secara besar-besaran. "Kita harapkan setelah direnovasi akan menjadi sebuah Taman Mini Indonesia untuk tujuan wisata masyarakat domestik dan juga wisatawan mancanegara," ujarnya.

Presiden Jokowi juga meminta kepada para kepala daerah untuk melakukan perbaikan pada anjungan daerah masing-masing, sehingga seluruhnya terlihat baru.

"Saya juga meminta untuk dilakukan pengelolaan acara seni budaya, event secara rutin, setiap minggu atau bulan di setiap anjungan atau panggung terbuka," ujarnya soal TMII yang di revitalisasi oleh Kementerian PUPR. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.