Ekonomi

Koperasi Diharapkan Menjadi Agregator Dalam Pertumbuhan Ekonomi

Kamis, 19 Mei 2022 - 22:33
Koperasi Diharapkan Menjadi Agregator Dalam Pertumbuhan Ekonomi Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki saat berdiskusi dengan pelaku UMKM di Bantul. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMES MADIUN, YOGYAKARTA – Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki optimis koperasi masih mampu menjadi lokomotif kebangkitan atau pertumbuhan ekonomi selama dapat mengikuti perkembangan teknologi. Pernyataan ini disampaikan saat menggelar diskusi dengan pelaku UMKM di Studio Palem Craft Pendowoharjo Sewon Bantul, Kamis (19/5/2022).

Salah satu caranya adalah dengan mulai mengubah peran koperasi. Bukan sekedar pada tahap produksi, namun mulai merambah bidang pemasaran. Sehingga peran koperasi akan semakin luas. Mulai dari hulu seperti penyediaan bahan baku hingga hulu, seperti pemasaran dan layanan purna jual. 

"Koperasi diharapkan dapat menjadi agregator dalam pengembangan kegiatan ekonomi," tegas Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Kementerian Koperasi dan UMKM mendorong tumbuhnya koperasi produksi. Bukan koperasi simpan pinjam yang saat ini jumlahnya sudah sangat besar. Bentuk dukungan diberikan dengan suntikan modal lewat kredit.

Bertolak dari program ini, Teten Masduki memberikan apresiasi atas berdirinya Farmakers. Sebuah koperasi di Bantul yang beranggotakan pelaku UMKM bidang mebel, kerajinan dan seni. Dengan bidang kerja mulai dari penyediaan bahan baku, produksi hingga pemasaran.

Model koperasi seperti ini yang akan dikembangkan di Indonesia. Dengan anggota yang sebagian kelompok milenial. Dapat menjadi media kampanye, untuk kembali mendekatkan generasi muda dengan koperasi. Langkah ini lebih efektif dibanding mengajarkan kembali pendidikan koperasi di sekolah. 

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengakui, program ini sangat sesuai diterapkan di Bantul untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Mengingat Bantul yang sudah ditetapkan sebagai kabupaten Kriya Nasional oleh Bekraft. Menyusul banyaknya pelaku UMKM yang bergerak bidang kerajinan. Bedasarkan data, sebagian besar pelaku UMKM di Bantul masih berusia milenial. (*) 

Pewarta : Totok Hidayat
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.