Berita

Vietnam Pertahankan Emas Sepakbola SEA Games, Indonesia Raih Perunggu

Minggu, 22 Mei 2022 - 21:56
Vietnam Pertahankan Emas Sepakbola SEA Games, Indonesia Raih Perunggu Vietnam meraih medali emas SEA Games 2021 usai menang 1-0 atas Thailand di laga final, Minggu (22/5/2022).

TIMES MADIUN, JAKARTAVietnam mempertahankan emas sepakbola SEA Games usai menang 1-0 atas Thailand dalam laga final SEA Games 2021 yang digelar di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5/2022).

Gol kemenangan Vietnam diciptakan oleh Nham Manh Dung di menit ke-83.

Sebelumnya, Vietnam yang dilatih Park Hang-seo juga meraih medali emas sepakbola SEA Games 2019.

Indonesia Raih Perunggu

Diperebutan tempat ketiga, Timnas Indonesia berhasil menundukkan Malaysia untuk meraih medali perunggu SEA Games.

Kemenangan Indonesia harus dilalui melalui adu penalti. Dalam adu penalti, Indonesia unggul 4-3, sementara pertandingan pada waktu normal tuntas dengan skor 1-1.

Perunggu tersebut menjadi medali perunggu kelima untuk Indonesia dari sepak bola putra sepanjang sejarah SEA Games. 

Pada pertandingan kontra Malaysia itu, Indonesia sejatinya dalam keadaan timpang lantaran tiga pemain yaitu Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto dan Firza Andika harus absen karena mereka mendapat kartu merah pada pertandingan semifinal melawan Thailand.

Sementara itu, pemain sayap andalan "Garuda Muda" Egy Maulana Vikri juga dalam kondisi cedera meski namanya masuk di daftar pemain cadangan Indonesia.

Setelah 0-0 di babak pertama, Indonesia akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-68 lewat Ronaldo Kwateh. Ronaldo memanfaatkan dengan baik umpan terobosan dari Marselino Ferdinan, yang baru berusia 17 tahun sama seperti dirinya.

Malaysia yang tidak tinggal diam bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-81 dari sepakan Muhammad Hadi Fayyadh yang masuk ke gawang setelah membentur tubuh Rizky Ridho. Skor imbang 1-1 dan pertandingan berlanjut ke adu penalti. 

Di babak ini, empat pemain Indonesia yakni Muhammad Ridwan, Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani dan Marc Klok menjalankan tugasnya dengan baik. Hanya Asnawi yang gagal memasukkan bola karena sepakannya membentur mistar gawang.

Sementara Malaysia hanya dapat menghadirkan tiga gol dari lima kesempatan penalti. Sepakan 12 pas Muhammad Hadi Fayyadh dan Luqman Hakim mampu digagalkan kiper Ernando Ari. Gol-gol "Harimau Malaya" datang dari Muhammad Hairey Hakom, Harith Haiqal dan Muhammad Faiz. (*)

 

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.