Berita

Kementerian PUPR RI Bangun Embung Anak Munting di Labuan Bajo

Minggu, 19 Maret 2023 - 20:33
Kementerian PUPR RI Bangun Embung Anak Munting di Labuan Bajo Kementerian PUPR RI tengah menyelesaikan pembangunan Embung Anak Munting di antara Jalan Akses Labuan Bajo menuju Golo Mori, Kecamatan Komodo, NTT. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES MADIUN, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) tengah menyelesaikan pembangunan Embung Anak Munting di antara Jalan Akses Labuan Bajo menuju Golo Mori, Kecamatan Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR RI Endra S. Atmawidjaja mengatakan, pembangunan Embung Anak Munting ini memiliki fungsi utama untuk konservasi dan mendukung pariwisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo dalam rangka persiapan pelaksanaan ASEAN Summit.

"Progres fisik pembangunan Embung Anak Munting dengan kapasitas tampung 150.000 m3 dan luas genangan 4,5 hektar saat ini sudah mencapai 80%," kata Jubir Endra.

Embung-Anak-Munting-2.jpg

Dikatakan Endra, embung merupakan salah satu teknik pemanenan air yang sangat sesuai di daerah kering. Pembangunan embung ini di bawah tanggung jawab Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI dengan biaya konstruksi senilai Rp 29,65 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya.

Embung berfungsi untuk menampung dan menjamin ketersediaan air untuk berbagai kebutuhan masyarakat, baik di musim kemarau maupun penghujan. Selain itu embung juga berfungsi untuk mengisi air tanah sebagai bagian upaya konservasi lingkungan.

"Di koridor menuju Golo Mori ini lansekap nya sangat indah, jadi saya yakin Embung Anak Munting ini bisa menjadi tambahan destinasi wisata baru di kawasan Labuan Bajo  yang saat ini dan ke depan akan semakin ramai dikunjungi wisatawan luar dan dalam negeri," tutup Jubir Kementerian PUPR RI Endra S. Atmawidjaja. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.