https://madiun.times.co.id/
Berita

Hasil Survei Internal Demokrat, Caleg Demokrat Punya Daya Jual?

Senin, 20 November 2023 - 15:44
Hasil Survei Internal Demokrat, Caleg Demokrat Punya Daya Jual? AHY mengungkap hasil survei internal Partai Demokrat saat pembekalan caleg DPR RI di Madiun. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)

TIMES MADIUN, MADIUN – Profil dan rekam jejak calon anggota legislatif (caleg) menjadi salah satu modal partai politik mendulang suara pemilih. Partai Demokrat menggelar survei internal untuk mengukur kekuatan pada Pemilu 2024. Hasil survei internal partai berlambang mercy tersebut terungkap saat pembekalan caleg DPR RI se-Indonesia yang digelar di Madiun,Jawa Timur, Senin (20/11/2023).

"Hasilnya ada ngerinya ada sedapnya. Survei ini untuk mengetahui kondisi politik nasional saat ini dan posisi Partai Demokrat," ujar Agus Hari Murti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum DPP Partai Demokrat  usai memberi materi pembekalan caleg DPR RI di Hotel Aston, Madiun, Senin (20/11/2023). 

AHY tidak menjelaskan secara rinci kepada publik mengingat survei tersebut bersifat internal. Dia menyebut secara umum, Demokrat memiliki optimisme mendapat kursi di sejumlah daerah pemilihan (dapil). Sebaliknya ada sejumlah dapil yang perlu digarap lebih serius.

"Ada yang masih rawan. Kalau nggak kerja keras dan nggak serius bisa tidak dapat kursi. Padahal kita punya target minimal dan optimal," ungkap putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono  mantan Presiden RI itu. 

Ditanya soal daya jual atau elektabilitas para caleg Demokrat berdasar hasil survei, AHY mengatakan caleg DPR RI Partai Demokrat punya kapasitas yang baik. Tetapi perlu terus dilakukan penguatan agar lebih dikenal.

Agus-Hari-Murti-Yudhoyono-2.jpgRatusan caleg DPR RI Parta Demokrat mengikuti pembekalan di Hotel Aston Madiun. (Foto: Yupi Apridayani/ TIMES Indonesia)

"Secara umum caleg incumbent maupun caleg yang baru bergabung menunjukkan keseriusan dan semangat yang baik," kata AHY. 

Berdasar hasil survey internal Partai Demokrat yang diungkap saat pembekalan caleg DPR RI di Madiun, AHY berpesan agar mereka tidak boleh merasa aman. Tujuannya agar tetap waspada, giat dan serius agar mendapat dukungan suara pemilih.

"Tiga bulan (kampanye) saya rasa waktu yang cukup asal bekerja intensif," ungkap AHY. 

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat SBY yang juga hadir saat pembekalan juga memberikan pesan khusus kepada para caleg Partai Demokrat. SBY mengingatkan agar para caleg Demokrat  lebih banyak turun ke bawah untuk mendengar aspirasi masyarakat.

"Sebagai orang tua dan mentor Partai Demokrat, beliau (SBY) memberikan wejangan dan pengalaman berharga. Meskipun situasinya berbeda namun prinsip dan nilai dasarnya sama. Para caleg Demokrat harus lebih banyak turun dan menyapa serta mendengar aspirasi masyarakat," ungkap AHY. 

Pembekalan caleg DPR RI Partai Demokrat digelar di Hotel Aston Madiun pada Senin (20/11/2023). Caleg dari Sabang sampai Merauke datang ke Madiun untuk mendapatkan arahan strategi pemenangan dari petinggi Partai Demokrat. (*)

Pewarta : Yupi Apridayani
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.