Berita

Jokowi Tegaskan Dirinya Tak Bisa Intervensi Soal Kasus Ferdy Sambo

Selasa, 24 Januari 2023 - 17:39
Jokowi Tegaskan Dirinya Tak Bisa Intervensi Soal Kasus Ferdy Sambo Presiden Jokowi (Joko Widodo). (FOTO: Setkab RI)

TIMES MADIUN, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) menegaskan bahwa dirinya tidak bisa dan tidak akan intervensi proses hukum dalam kasus pembunuhan Brigadir J yang dilakukan oleh Ferdy Sambo.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Jokowi saat ditanya oleh wartawan terkait permohonan ibu dari salah satu terdakwa yakni Richard Eliezer, atas keadilan hukuman yang dituntutkan oleh Jaksa kepada anaknya.

"Saya tidak bisa mengintervensi proses hukum (Ferdy Sambo) yang sedang berjalan," kata Presiden Jokowi kepada wartawan, Selasa (24/1/2023).

Menurut Presiden Indonesia ke-7 itu, intervensi tak bisa dilakukan hanya pada kasus Ferdy Sambo saja, melainkan pada semua proses hukum yang berjalan di pengadilan. "Bukan hanya kasus FS (Ferdy Sambo) saja, untuk semua kasus," jelasnya.

Suami Iriana itu juga mengatakan, semua pihak harus menghormati proses hukum yang sedang berjalan. "Harus menghormati proses hukum yang ada di lembaga-lembaga negara yang sedang berjalan," ujarnya.

Sebelumnya, ibu dari Richard Eliezer meminta keadilan atas tuntutan 12 tahun penjara terhadap anaknya. Ia menilai, hal itu terlalu tinggi karena status anaknya sebagai justice collaborator.

Sementara itu aktor utama dalam pembunuhan Brigadir J tersebut yakni Ferdy Sambo dituntut penjara seumur hidup. Ia dinilai bersalah dalam pembunuhan tersebut.

"Menjatuhkan pidana terhadap Ferdy Sambo dengan pidana penjara seumur hidup," demikian tuntutan jaksa terhadap Ferdy Sambo.

Ferdy Sambo diyakni melanggar Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Ia juga diyakini melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 Undang-undang No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undangan-undangan  Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.