https://madiun.times.co.id/
Berita

Pesawat Era Perang Dunia II Jatuh, Dua Pilot Tewas

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:29
Pesawat Era Perang Dunia II Jatuh, Dua Pilot Tewas Pesawat Lockheed 12A bermesin ganda jatuh tak lama setelah meninggalkan Bandara Chino di California. (FOTO: ABC News)

TIMES MADIUN, JAKARTA – Pesawat kecil era perang dunia II, Lockheed L12 bermesin ganda, jatuh sekitar pukul 12:35, Sabtu siang tak lama setelah meninggalkan Bandara Chino di California, AS. Kejadian ini menewaskan dua pilot.

"Pesawat pribadi Lockheed L12 itu terhempas di luar landasan sekitar 200 yard jauhnya di lapangan rumput, ketika petugas pemadam kebakaran tiba sekitar pukul 12:35," kata Kepala batalion di Distrik Pemadam Kebakaran Chino Valley, Bryan Turner seperti dilansir ABC News.

Identitas dua pilot yang meninggal tidak segera diungkapkan. Namun menurut data ABC-7, salah satu korbannya adalah Frank Wright, Kepala Operasi di Yanks Air Museum.

Menurut seorang saksi, Frank Wright sempat berpartisipasi dalam diskusi panel acara Hari Ayah di museum sebelum kecelakaan itu terjadi. Teman-temannya mengatakan, Wright adalah bagian utama dari museum.

Tidak ada orang lain lagi selain dua orang di dalam pesawat itu dan tidak ada seorang pun di darat yang terluka karenanya.

Saksi yang ikut hadir pada acara Hari Ayah itu mengaku sedang mengambil foto dan merekam video saat kecelakaan terjadi.

"Ada semak-semak di depan saya, yang tinggi, mungkin tingginya sekitar 10 atau 12 kaki, dan saya harus mengitarinya. Begitu saya mengitarinya, pesawat itu menghilang di belakangnya," katanya.

"Tetapi ketika saya berhasil melewatinya, pesawat mulai miring ke kiri... sangat tajam, dan mulai jatuh," tambahnya.

Saksi mengingat kembali momen tumbukan tersebut dan mengatakan bahwa kejadian tersebut “terjadi tepat di depan matanya.”

"Saya menukik ke bawah dan bagian pertama dari pesawat yang menghantam tanah adalah sayap kiri, dan di sanalah bahan bakarnya berada, dan yang terjadi adalah ledakan seketika," ujarnya.

Belum diketahui secara pasti yang menjadi penyebabkan jatuhnya pesawat tersebut.

FAA mengatakan, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional sedang melakukan penyelidikan.

Seorang penyelidik NTSB berada di lokasi kejadian pada hari Minggu untuk mulai mendokumentasikan lokasi kejadian dan memeriksa pesawat tersebut. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.