Berita

[CEK FAKTA] Video Perampokan Bersenjata di Kota Medan

Rabu, 23 Juni 2021 - 17:50
[CEK FAKTA] Video Perampokan Bersenjata di Kota Medan Video aksi perampokan bersenjata yang dinarasikan terjadi di Jalan Bogor, Kota Medan.

TIMES MADIUN, JAKARTA – Beredar video aksi perampokan bersenjata yang dinarasikan terjadi di Jalan Bogor, Kota Medan. Video tersebut tersebar secara berantai melalui media sosial WhatsApp Grup, Selasa (23/6/2021).

Video rekaman cctv tersebut, memperlihatkan dua pria berusaha merampok di sebuah kantor. Kemudian setelah si perampok mengeluarkan senjata api, tiba-tiba seorang pria yang diduga bos perusahaan tersebut keluar dan adu tembak dengan para perampok.

Dalam video tersebut terdapat keterangan waktu peristiwa pada 9 Juni 2021, pada pukul 14.13 hingga 14.15, dengan durasi video 1 menit 44 detik.  Narasi yang menyertai video yang tersebar di WAG itu sebagai berikut:

Dua perampok bersenjata api...masuk ke kantor perusahaan..pas mau masuk kamar bos..rupanya bos punya senjata juga sudah tau lihat dari cctv..terjadi lah kontak senjata..yg satu sekarat dan yg satu lagi..lari terbirit-birit.. kejadian di jalan bogor, Medan. Ngeri kali medan

cek fakta Video Perampokan 2

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video yang diklaim sebagai aksi perampokan bersenjata di Jalan Bogor, Kota Medan, merupakan informasi yang salah.

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta, video bukan terjadi di Kota Medan, Sumatera Utara, melainkan di Brasil. Tepatnya di Ji-Paraná-RO wilayah Nova Brasília pada Selasa (9/6/2021) waktu setempat.  Menurut keterangan polisi setempat yang diberitakan TIMES Brasilia, seorang pedagang bereaksi terhadap perampokan di toko kasur dan menembak dua penjahat yang menyerbu tempat itu.  

Pemilik toko itu bersama putrinya, yang akhirnya diserahkan oleh pasangan tersebut. Kasus tersebut terjadi di lingkungan Nova Brasília di Ji-Paraná-RO, pada Selasa sore. Semua aksi direkam dalam video.

cek fakta Video Perampokan 3Sumber: Comerciante reage a roubo e atira em assaltantes | Times Brasilia

Penelusuran lain tim CEK FAKTA TIMES Indonesia juga menemukan bahwa video yang tersebar merupakan rekaman  kamera keamanan merekam insiden tersebut saat terjadi pada sore hari tanggal 8 Juni 2021.

Seorang pemilik toko kasur menembak dua perampok, menewaskan satu orang, setelah mereka berusaha merampok toko di Ji-Parana, Brasil, pada 8 Juni.  

Rekaman itu menunjukkan bagaimana perampok memasuki toko, menarik senjata mereka dan mengumumkan perampokan, mengancam asisten penjualan, yang merupakan putri pemilik toko.

Salah satu pria bersenjata kemudian membuka pintu ke ruang belakang tetapi dengan cepat melarikan diri ketika hujan peluru yang ditembakkan oleh pemilik toko mengenai dia dan komplotannya, yang berhasil melarikan diri dari tempat kejadian.

cek fakta Video Perampokan 4Sumber: Dad Remains Firm in Hail Of Bullets To Gun Down Armed Duo That Threatened Daughter | ViralTab

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video aksi perampokan bersenjata di Jalan Bogor, Kota Medan, merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, klaim tersebut masuk dalam kategori False context (konteks keliru).

False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.