Berita

Kisah Perjuangan Prajurit TNI Dirikan Monumen Kasih Karunia, Kembaran Christo Redentor Brasil di Lanny Jaya

Rabu, 22 Maret 2023 - 16:48
Kisah Perjuangan Prajurit TNI Dirikan Monumen Kasih Karunia, Kembaran Christo Redentor Brasil di Lanny Jaya Monumen Kasih Kurnia yang didirikan prajurit TNI di Lanny Jaya, Wamena. (foto: TNI AD for TIMES Indonesia)

TIMES MADIUN, PAPUA – Bila Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, punya Patung Yesus Buntu Burake setinggi 45 meter di ketinggian 1.700 meter dpl, maka di Kabupaten Lanny Jaya, Wamena, Papua, mempunyai Monumen Kasih Karunia berwujud Patung Kritus, setinggi 2 meter. 

Patung sang Penebus berupa Monumen Kasih Karunia ini dibangun di ketinggian 2.416 meter dpl. Patung ini merupakan Patung Yesus pada lokasi tertinggi di Indonesia.

Monumen Kasih Karunia berupa Patung Yesus tersebut mengadopsi konsep, bentuk, dan rupa monumen Christo Redentor - Christ the Redeemer - Kristus Sang Penebus setinggi 38 meter di Rio de Janeiro, Brasil.

Patung Monumen Kasih Karunia didirikan di atas landasan fondasi setinggi 160 cm berdiameter 150 centimeter. Bahannya semen cor dengan total berat 450 kilogram.

Bila diukur dari rentang tangannya, lebar patung ini mencapai 205 centimeter. Patung Kristus Sang Penebus ini dibuat dengan gaya Art Deco dengan sentuhan tangan seniman dari Bali, I Gede Sarantika. 

Monumen Kasih Karunia Sentuhan Bali untuk Papua

Ini terinspirasi oleh semangat toleransi, keberagaman dan persatuan, sehingga Monumen Kasih Karunia Patung Kristus Sang Penebus, dibuat oleh seniman Bali dengan sentuhan Pulau Dewata untuk Tanah Papua.

Monumen-Kasih-Karunia-2.jpgPatung Yesus sang penebus di kompleks Monumen Kasih Kurnia, Lanny Jaya.

Semangat ini mengingatkan kita bahwa persatuan dalam perbedaan dan menciptakan perdamaian. Seperti halnya Bhineka Tunggal Ika merupakan kasih karunia Tuhan yang berikan untuk Rakyat Papua dan Indonesia. 

Menurut Gunadi Karjono dari Perhimpunan Karunia Merah Putih, yang menyiapkan Patung Kristus Sang Penebus itu, pengiriman dari Bali ke Jayapura menggunakan kapal laut. Butuh 14 hari untuk sampai ke sana.

Kemudian dari Jayapura ke Wamena diangkut dengan Trigana Air dalam waktu 45 menit. Setelahnya memerlukan 4 jam untuk diangkut ke Distrik Malagayneri. 

Koptu Denny Silaban, personel TNI Pos Malagayneri, menceritakan bagaimana sulitnya mengangkut Patung Kristus Sang Penebus ini sampai ke Desa Lawanon, tempat  Monumen Kasih Karunia ini akan didirikan. 

Cuaca sangat buruk, jalan menanjak, sempit dan licin, belum lagi usaha untuk menyeberangkan Patung Kristus Sang Penebus ini melalui jembatan papan kayu sempit yang tidak kokoh.

"Tapi ada kebahagiaan tersendiri melihat para pemuda setempat antusias bahu membahu membantu untuk menarik, mendorong, mengangkat, memikul, dan berbagi kelelahan bersama-sama anggota Pos Malagayneri, Satgas Organik Yonifmek 203/AK," kenang Koptu Denny.

Sesampainya di Desa Lawanom, warga setempat, mace-mace, pace-pace, anak-anak menyambut Patung Kristus Sang Penebus dengan bahagia dan haru. Ucapan syukur dan bangga karena sekaranng mereka punya simbol penebus dan cinta kasih. 

Para mace-mace secara adat telah menunggu rombongan dengan menyiapkan ubi bakar dan kopi untuk dinikmati bersama, dan sebagai ungkapan syukur dari hati warga yang terdalam, anggota Pos Malayganeri dan warga kemudian membaur, menikmati ubi bakar dan kopi, serta melepas keletihan yang mendera dengan rasa syukur dan bahagia. 

“Kami tidak menyangka warga mau mendukung dan bersemangat membantu anggota pos mempersiapkan fondasi monument,” ucap Wadanpos Malaygeneri Letda (Inf) Siskamak yang terharu menceritakan kejadian ini. 

Perwira TNI Angkatan Darat yang sudah beberapa kali berangkat tugas di Papua ini mengatakan, beberapa pemuda desa secara aktif membantu pembangunan fondasi Monumen Kasih Karunia tersebut. 

Ini tak disangka oleh anggota Pos Malagayneri. Mereka tersentuh hatinya dengan upaya Satgas Organik Yonifmek 203/AK. 

Untuk diketahui, di sisi landasan Monumen Kasih Karunia diukir nukilan ayat Alkitab dalam Bahasa Lanny dan Bahasa Indonesia. Bunyinya begini;

“Yoge mbareegi, Yetut nen, “Kiniki pada inom, kineebe paga inom, koonggwi alom paga, abok aret kinogoba Ala mban Kiniki kunik eeko logonip o. Wone iyagalo iya Lombok ti aret, ndi, wone ore ambiti, ndak-ndak yi aret o. Kita kineebe kiniki kunik eekkologo monggotak nogo pogom, kinom monggotak togop aret kiniki kunik aganako logonip o. (Matiyut 22:37-39)

Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. (Matius 22: 37-39)

Sosok di Balik Christo Redentor Papua

Pendirian Monumen Kasih Karunia di Malagayneri berawal dari kedatangan 450 Personel Satgas Organik Yonif Mekanis 203/Arya Kamuning. Mereka diberangkatkan ke Papua pada Juni 2022 silam. 

Monumen-Kasih-Karunia-3.jpg

Tak kurang dari 50 pasukan tempur ini ditempatkan khusus di Wilayah Distrik Malagayneri, Lanny Jaya, Wamena, Pegunungan Tengah, Papua. Yonifmek 203/AK dipimpin oleh Letkol Inf Achmad Zaki, S.Sos,. M.M. Pasukan ini adalah pasukan di bawah naungan Brigade Infanteri Mekanis 1 Pengaman Ibu Kota/Jaya Sakti, Kodam Jaya.

Sejumlah aksi teritorial digelar Yonifmek di wilayah itu. Mulai dari rehabilitasi gereja, perbaikan sanitasi lingkungan, pendirian MCK, sumbangan pakaian, buku-buku rohani dan alkitab, serta aksi sosial semisal pengobatan dan pelayanan kesehatan sampai pada pendirian Monumen Kasih Karunia ini.

Tentu saja, upaya-upaya para prajurit TNI Angkatan Darat ini sangat diapresiasi Para Gembala Gereja setempat bahwa nyata ada perubahan di wilayah mereka. Pendeta Yus Kogoya, Pendeta Yusiron Kiwo, dan Ibu Gembala Geraja Mama Merry menyampaikan ucapan terima kasihnya. 

Mereka sudah punya rumah ibadah yang representatif dengan lingkungannya terlihat lebih baik, rapi dan indah, bersih dan nyaman.

Sosok di Balik Monumen Kasih Karunia

Sebenarnya siapa sosok di balik aksi-aksi sosial Yonifmek 203/AK ini? Ternyata ia adalah salah seorang pengusaha yang bermukim di Tangerang, Banten. Namanya Gunadi Karjono. 

Monumen-Kasih-Karunia-4.jpgGunadi Karjono bersama prajurit Yonifmen 203/Arya Kemuning di Lanny Jaya, Papua.

Saat ini, Direktur Utama PT. Vadel Ksatria Samudra Indonesia. Untuk aksi sosialnya, lelaki tamatan University of Western Sydney, Australia ini mendirikan Perhimpunan Karunia Merah Putih.

Kata Gunadi, dukungannya untuk Pos Malagayneri adalah bentuk pelayanan pribadinya terhadap Tuhan, dan sebagai Wujud Bela Negara yang ingin dilakukannya untuk Indonesia.
 
“Tak enak menyandang merek WNI Keturunan yang sering disebutkan oleh orang-orang. Padahal kami ini WNI, warga negara Indonesia saja. Tidak ada embel-embel keturunan. Kami lahir, besar dan kemudian mati di Tanah Air ini. Itu artinya kami adalah orang Indonesia. Percayalah kalau dibelah dada ini, hanya akan terlihat Merah Putih,” tegas Gunadi. 

Gunadi hanya bangga bisa menjadi Warga Negara Indonesia yang belajar berbakti kepada Bangsa dan Negara. Ia pun berdoa agar Tuhan berkenan dengan apa yang telah ia lakukan. 

Dengan membantu Satgas TNI itulah, cara lelaki kelahiran Semarang, 10 Juni 1972 ini menunjukkan dia sebagai orang Indonesia. Dana yang dipakainya berasal dari tabungan pribadi dan usahanya di Tangerang. 

Awalnya, ia sudah berpesan agar namanya tak dituliskan, ternyata salah seorang perwira di Pos Malagayneri berkeras agar namanya tetap dicatatkan.

“Kami percaya Tuhan Maha Tahu, tetapi semua orang harus diberitahu apa yang sudah kita lakukan. Itu agar orang lain tidak memandang kita sebelah mata. Semua orang harus tahu ada seorang anak bangsa sangat rindu berbuat untuk bangsa dan negaranya lewat Satgas TNI di ujung timur Indonesia," ungkap Letda Inf Siskamak.

Monumen yang diresmikan Dansatgas Yonif Mekanis 203/AK Letkol Inf Achmad Zaki, Rabu (22/3/2023) ini menambah daftar karya serupa di Dataran Papua. Christo Redentor di Tanah Papua ini berdiri kokoh dan gagah berlatarbelakang barisan pegunungan. Warna putih pualamnya terlihat kontras dengan alam sekitarnya 

Sebelumnya, di Tanjung Abori, Serui Laut ada monumen serupa bernama Monumen Kasih setinggi 33 meter. Ada pula Patung Kristus Raja Semesta Alam di Merauke, Papua Selatan untuk memperingati hari pertama masuknya Gereja Katolik ke Kota Merauke. Patung yang diresmikan pada 14 Agustus 2011 itu setinggi 12 meter. 

Gunadi yakin Monumen Kasih Karunia ini akan menambah destinasi wisata religi di Papua. Ia juga yakin ini akan merangsang pergerakan ekonomi dan sosia budaya setempat yang damai dan membawa kesejahteraan masyarakat setempat di masa depan. (*)

Pewarta : Syarifah Latowa
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.