Berita

Integrasi Sistem Informasi, Kementerian PUPR RI Permudah Kecepatan Layanan Publik

Kamis, 08 Juni 2023 - 22:07
Integrasi Sistem Informasi, Kementerian PUPR RI Permudah Kecepatan Layanan Publik Sekjen Kementerian PUPR RI Zainal Fatah saat RDP yang membahas Evaluasi Pelaksanaan APBN TA 2023 dan Rencana Alokasi Anggaran pada TA 2024 bersama Komisi V DPR RI, Kamis (8/6/2023). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES MADIUN, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) melalui Sekretariat Jenderal terus berupaya meningkatkan kepuasan layanan administrasi, integrasi sistem informasi dan peningkatan kesehatan organisasi.

Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam mendukung pelaksanaan pembangunan infrastruktur oleh Kementerian PUPR RI.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR RI Mohammad Zainal Fatah mengatakan, peningkatan kepuasan layanan administrasi diupayakan melalui peningkatan kinerja layanan dari 7 Biro dan 3 Pusat yang berada dalam Sekretariat Jenderal.

Sementara, peningkatan kesehatan organisasi dilakukan melalui peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi Kementerian PUPR, peningkatan kualitas tata kelola keuangan dan peningkatan nilai SAKIP Kementerian PUPR.

“Integrasi sistem informasi dilakukan dalam rangka transformasi layanan digital untuk mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di antaranya layanan perizinan, perumahan, dan data/ informasi,” jelas Sekjen Kementerian PUPR RI Zainal Fatah dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang membahas Evaluasi Pelaksanaan APBN TA 2023 dan Rencana Alokasi Anggaran pada TA 2024 bersama Komisi V DPR RI, Kamis (8/6/2023).

Kementrian-PUPR-RI.jpgIlustrasi RDP Evaluasi Pelaksanaan APBN TA 2023 dan Rencana Alokasi Anggaran pada TA 2024 bersama Komisi V DPR RI, Kamis (8/6/2023). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

Zainal Fatah menambahkan, untuk meningkatkan kualitas, memberikan kemudahan dan kecepatan layanan, Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR RI melakukan transformasi di bidang pelayanan publik dengan pemanfaatan sistem teknologi informasi dan komunikasi.

“Kementerian PUPR memiliki Pelayanan Publik Terpadu untuk kemudahan dan kecepatan layanan publik, serta beberapa sistem terintegrasi seperti e-Pusaka, Bravo-PUPR, Portal Perizinan Bidang PUPR, dan e-Keuangan,” jelas Sekejen Kementerian PUPR RI.

Kementerian PUPR RI saat ini juga sedang mengembangkan aplikasi ASPIRASI DPR yang dapat menampung aspirasi anggota DPR-RI secara online. Serta, pengembangan portal data spasial infrastruktur PUPR dan IKN yang dapat diakses melalui platform SIGI (Sistem Informasi Geospasial Infrastruktur), dan portal data bencana yang dapat diakses melalui platform SITABA (Sistem Informasi Bencana).

Terkait capaian realisasi keuangan pada TA 2023, Zainal Fatah menerangkan Pagu Anggaran Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR RI sebesar Rp586,88 M dengan realiasi keuangan sampai dengan awal Juni 2023 sebesar Rp177,88 M (30,31%) dan fisik sebesar 32,38%. Angka tersebut lebih tinggi dari periode yang sama pada tahun 2022 sebesar 30,21%.  

“Pada TA 2024 Pagu Anggaran Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR ditetapkan sebesar Rp568,73 M. Dan dialokasikan untuk Pagu Belanja Pegawai sebesar Rp91,52 M (16,09%), Belanja Barang sebesar Rp195,66 M (34,40%), dan Belanja Modal sebesar Rp281,55 M (49,50%),” terang Sekjen Kementerian PUPR RI.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw selaku pimpinan rapat mengimbau, agar dalam proses penyusunan pagu anggaran, Kementerian PUPR RI dapat mengakomodir saran dan masukan dari DPR RI. “Dalam pelaksanaan, perlu adanya peningkatan koordinasi dan pengawasan internal untuk meminimalisir temuan dan permasalahan. Serta peningkatan kualitas SDM dan keterpaduan pembangunan infrastruktur,” tandas Roberth. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.