https://madiun.times.co.id/
Berita

Menghindari Penghapusan Akun Gmail, Simak 6 Tips untuk Tetap Aktif dan Aman

Kamis, 08 Juni 2023 - 11:15
Menghindari Penghapusan Akun Gmail, Simak 6 Tips untuk Tetap Aktif dan Aman Ilustrasi: (Feritekno.com)

TIMES MADIUN, JAKARTA – Bagi para pemilik akun Gmail, perlu memperhatikan kebijakan baru yang diberlakukan oleh Google. Perusahaan tersebut akan menghapus akun gratis yang tidak aktif selama 2 tahun, dengan tujuan melindungi pengguna dari pencurian data dan ancaman kejahatan siber.

Mulai Desember 2023, Google akan secara bertahap menghapus akun yang tidak aktif, tetapi kebijakan ini hanya berlaku untuk pengguna Gmail gratis. Jika Anda memiliki akun Gmail dari kantor atau sekolah, Anda tidak perlu khawatir karena akun tersebut akan tetap aman meskipun tidak aktif.

Namun, perlu dicatat bahwa kebijakan ini tidak hanya berlaku untuk akun Gmail, tetapi juga ekosistem lainnya di Google Workspace, termasuk Docs, Drive, Meet, dan Calendar. Bahkan akun YouTube dan Google Photos juga terkena dampak kebijakan ini, di mana akun dan aksesnya akan dihapus jika pengguna tidak aktif selama 2 tahun.

Google akan memberikan pemberitahuan kepada pengguna beberapa bulan sebelum menghapus akun. Pemberitahuan akan dikirim melalui alamat email utama dan email recovery yang terkait dengan akun tersebut.

Untuk menghindari penghapusan akun Gmail, Google memberikan enam tips sederhana agar akun Anda tetap aktif dan aman hingga akhir tahun 2023:

  1. Manfaatkan akun Gmail untuk membaca atau mengirim email secara rutin.
  2. Gunakan Google Drive untuk menyimpan dan mengelola file pribadi Anda.
  3. Tonton video di YouTube dengan menggunakan akun Google.
  4. Unduh aplikasi di Google Play Store menggunakan akun Anda.
  5. Gunakan Google Search untuk menjelajahi internet.
  6. Gunakan akun Google untuk masuk ke aplikasi atau mendaftar di situs web.

Selain itu, aktivitas lain yang terkait dengan akun Google juga akan dihitung sebagai aktivitas yang mempertahankan keaktifan akun. Hal ini mencakup langganan seperti Google One, berlangganan publikasi berita, atau penggunaan aplikasi yang memerlukan akun Google. Selain itu, pastikan Anda masuk ke Google Photos setiap 2 tahun agar dianggap sebagai pengguna aktif.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menjaga akun Gmail Anda tetap aktif dan aman dari penghapusan oleh sistem Google. Penting untuk memperbarui keamanan dan privasi akun secara teratur agar tetap aktif dan terlindungi. (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madiun just now

Welcome to TIMES Madiun

TIMES Madiun is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.